Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Safari Ramadhan Muspika Muara Badak Bersama VICO Indonesia dan Total E&P Indonesie

Rombongan Safari Ramadhan bersama jamaah Langgar Baitul Jalal ketika menanti saat berbuka puasa
Rombongan Safari Ramadhan bersama jamaah Langgar Baitul Jalal ketika menanti saat berbuka puasa
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 09/10/2006 21:29 WITA
Bulan Ramadhan tahun ini terasa begitu istimewa bagi warga RT 17 Desa Badak Baru, Kecamatan Muara Badak, yang menjadi jamaah Langgar Baitul Jalal. Karena untuk pertama kalinya, langgar yang masih dalam tahap penyelesaian tersebut dipergunakan untuk kegiatan Sholat Tarawih berjamaah.

Namun yang lebih teristimewa lagi, Minggu (08/10) kemarin, langgar ini menjadi sasaran kegiatan Safari Ramadhan garapan Pemerintah Kecamatan Muara Badak bekerjasama dengan 2 perusahaan sekaligus yakni Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) BPMIGAS VICO Indonesia dan Total E&P Indonesie.

Turut serta dalam rombongan Safari Ramadhan ini diantaranya adalah Danramil Muara Badak Kapten Art Sugeng Winarto, ketua MUI Muara Badak H Abdullah Syukur yang tampil memukau saat menyampaikan siraman rohani, serta salah seorang Anggota DPRD Kukar asal Muara Badak H Fathur Rachman yang tampil menjadi imam pada saat pelaksanaan Sholat Isya.


Anggota DPRD Kukar H Fathur Rachman (kanan) menyerahkan bantuan kepada pengurus langgar
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Menurut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Muara Badak, Drs H Ichsanul Karim, kegiatan Safari Ramadhan yang digelar di Muara Badak merupakan program tahunan pihak pemerintah bekerjasama dengan perusahaan.

Selain bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi pemerintah, perusahaan dengan masyarakat, juga sebagai ajang untuk melihat kondisi masjid atau langgar yang dikunjungi. "Terutama tempat-tempat ibadah yang belum pernah dikunjungi kegiatan Safari Ramadhan sebelumnya, seperti Langgar Baitul Jalal ini," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Kukar H Fathur Rachman memberikan bantuan berupa uang tunai dari kocek pribadi sebesar Rp 1 juta dan bantuan 1 buah jam dinding untuk melengkapi sumbangan yang pernah diberikan sebelumnya untuk membeli atap senilai Rp 5 juta.

Kemudian pihak VICO Indonesia melalui Badan Dakwah Islamiyah (BDI) memberikan bantuan berupa alat pengeras suara yang diserahkan H Bandi Suprapto. Sedangkan pihak Total E&P Indonesie melalui M Syukur Idris menyerahkan bantuan berupa karpet sajadah dan uang tunai sebesar Rp 1 Juta.


Penyerahan bantuan secara simbolis dari pihak VICO Indonesia melalui H Bandi Suprapto (kiri atas) dan Total E&P Indonesie melalui M Syukur Idris (kiri bawah)
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Sementara dikatakan Ketua Pelaksana Pembangunan Langgar Baitul Jalal, Umar Sidik, langgar tersebut dibangun atas swadaya masyarakat sekitar, termasuk dari pengusaha seperti Toko Barokah maupun dari BDI VICO Indonesia yang turut membantu.

Awalnya langgar tersebut bernama At-Tajerin dan menempati salah satu ruangan di samping eks Biokop BRIUT Badak Baru. "Karena tempatnya sudah tidak memadai dengan banyaknya jama’ah, pengurus langgar kemudian membentuk panitia untuk membangun langgar baru di atas lahan wakaf almarhum bapak Jalal yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin. Itulah sebabnya kami ganti nama langgar ini menjadi Baitul Jalal," jelasnya.

Ditambahkan Umar Sidik, langgar Baitul Jalal merupakan satu-satunya sarana ibadah yang paling dekat dengan lokalisasi Badak IV. "Kami harap rumah ibadah ini bisa menjadi media pusat da’wah dalam menegakkan syiar Islam," ujarnya.

Melihat kondisi dan letaknya yang cukup jauh dari Masjid lain, lanjutnya, pihak warga sekitar berharap agar Langgar Baitul Jalal bisa ditingkatkan statusnya menjadi sebuah Masjid. "Kami tinggal menunggu pembangunan sarana kamar mandi dan WC, pemasangan plafon serta keramik. Untuk keramik sudah ada bantuan dari BDI VICO Indonesia sebanyak 100 kotak, kami masih mencari dana untuk memasang keramiknya," kata Umar Sidik.

Sementara M Syukur Idris dari Community Relations Total E&P Indonesie mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan ini baru pertama kalinya digelar secara bersama antara VICO Indonesia dengan Total E&P Indonesie di wilayah operasi perusahaan.

Kegiatan Safari Ramadhan di Langgar Baitul Jalal sendiri merupakan yang kedua digelar secara bersamaan oleh VICO Indonesia bersama Total E&P Indonesie dari 6 tempat yang dijadwalkan di kecamatan Muara Badak. "Sebelumnya tanggal 6 Oktober digelar di Masjid Al-Jihad, Desa Tanjung Limau," ujarnya.

Selain di Muara Badak, kegiatan Safari Ramadhan VICO Indonesia bersama Total E&P Indonesie kembali akan digelar di Kecamatan Anggana dan Kecamatan Muara Jawa. (bas)


Suasana kegiatan Safari Ramadhan di Langgar Baitul Jalal, Desa Badak Baru, Kecamatan Muara Badak, Minggu (08/10) malam, yang diisi dengan siraman rohani dari Ketua MUI Muara Badak H Abdullah Syukur
Photo: VICO Indonesia/Bastian

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com