Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sanggar Tari Gubang Pentaskan Reborn of Jepen
Akan Wakili Kalimantan pada Pesta Kesenian Bali 2006

Penampilan para penari Satagu membawakan tari Jepen Malayu Kutai pada pementasan Reborn of Jepen di Serapo LPKK Tenggarong, Jum'at (07/07 malam laluPenampilan para penari Satagu membawakan tari Jepen Malayu Kutai pada pementasan Reborn of Jepen di Serapo LPKK Tenggarong, Jum'at (07/07 malam lalu
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 09/07/2006 14:52 WITA
Tari Jepen merupakan tari pergaulan masyarakat Kutai yang telah tumbuh sejak beberapa abad silam. Namun pada kenyataannya sekarang, tari Jepen seolah dibiarkan hidup apa adanya, tersisih oleh bentuk kesenian lain yang lebih maju dan modern.

Bertolak dari kenyataan tersebut, Sanggar Tari Gubang (Satagu) dari Tenggarong mencoba mengangkat kembali kesenian tari Jepen melalui sebuah pementasan bertajuk Reborn of Jepen yang digelar Jum'at (07/07) lalu di gedung Serapo LPKK Tenggarong.

"Jika dibandingkan kesenian lain khususnya band, tari Jepen sangat jarang tampil di depan publik selain acara-acara resmi pemda. Kami ingin hadirkan Jepen sebagai suguhan yang juga menarik untuk disaksikan," ujar pendiri Satagu, Hariyansa.


Aksi pimpinan Sanggar Tari Gubang, Hariyansa, dalam tari bertajuk Jepen Sorangan
Photo: Agri

Dalam pementasan Reborn of Jepen yang disaksikan ratusan anak muda kota Tenggarong tersebut, Satagu menampilkan 5 buah tari Jepen hasil garapanHariyansa, baik yang diproduksi pada tahun 2003 maupun yang terbaru pada tahun 2006.

Lima karya tari tersebut yakni Jepen Tungku (2003), Jepen Melayu Kutai (2006), Jepen Sorangan (2006), Jepen Begubangan (2006) dan Jepen Molah Begadoh (2003).

Ditambahkan pria jangkung yang akrab disapa Ancha ini, pementasan Reborn of Jepen juga merupakan bagian dari program Pentas Atmosfir Seni (PAS) yang dicanangkan Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) saat ini.

"Kami sangat berterimakasih kepada LPKK yang telah memberikan kesempatan kepada sanggar-sanggar seni budaya yang ada di Kutai Kartanegara termasuk Satagu untuk tampil melalui PAS," ujar Ancha.

Selain itu, lanjut Ancha, persembahan Reborn of Jepen juga dimaksudkan sebagai salah satu persiapan kelompok Satagu dalam rangka berpartisipasi pada event Pesta Kesenian Bali XXVIII 2006 di gedung Wantilan, Taman Budaya Bali, Denpasar, 13 Juli mendatang.


Para penari wanita anggota Satagu saat membawakan tari Jepen Molah Begadoh
Photo: Agri

"Merupakan kehormatan bagi kami karena ternyata Satagu merupakan satu-satunya penyaji yang mewakili pulau Kalimantan untuk tampil pada event seni budaya di Bali ini," imbuhnya.

Menurut staf Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kukar ini, selain menyuguhkan 5 karya tari Jepen yang ditampilkan pada pementasan Reborn of Jepen, terdapat tambahan berupa 2 tarian tradisional suku Dayak yakni tari Gong dan Kancet Pepatay.

Satagu direncanakan berangkat ke Bali pada 11 Juli dengan membawa 12 penari, 6 pemusik, 1 manajer panggung dan 1 orang koreografer yakni Hariyansa sendiri. "Kami akan tampil sebaik-baiknya untuk mengharumkan nama Kutai Kartanegara dan nama Kalimantan pada umumnya," tegas Ancha.

Sekedar informasi, Pesta Kesenian Bali merupakan event seni budaya tahunan yang rutin diselenggarakan di Denpasar sejak tahun 1979. Pada penyelenggaraannya yang ke-28 tahun 2006, Pesta Kesenian Bali secara resmi dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 17 Juni lalu. Acara yang dipusatkan di Taman Budaya Bali ini akan berakhir pada Sabtu (17/07) mendatang. (win)


Tarian Jepen Begubangan yang merupakan karya terbaru garapan Satagu
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com