Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mutasi Pejabat Unikarta, Mahasiswa Protes YKK

Mahasiswa Unikarta ketika berunjukrasa memprotes kebijakan YKK yang melakukan mutasi pejabat tanpa proses uji kepatutan dan kelayakan
Mahasiswa Unikarta ketika berunjukrasa memprotes kebijakan YKK yang melakukan mutasi pejabat tanpa proses uji kepatutan dan kelayakan
Photo: Ryan

KutaiKartanegara.com - 04/06/2006 22:34 WITA
Mutasi yang dilakukan Yayasan Kutai Kartanegara (YKK) selaku pengelola pendidikan di Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong menuai kritik dari beberapa elemen mahasiswa. Kritikan dari mahasiswa ini diwujudkan dengan melaksanakan aksi demo di lapangan parkir Unikarta Tenggarong Sabtu (03/06) kemarin.

Menurut Koordinator Aksi Ahmadin yang juga Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Teknik Unikarta, tujuan dari aksi demo ini adalah sebagai bentuk protes terhadap YKK atas sikap sewenang-wenangnya dalam mengambil kebijakan mutasi pejabat di jajaran kampus Unikarta.

Dikatakannya, pejabat yang akan mendapatkan jabatan baru itu adalah Kabag Kemahasiswaan, Kabag Biro Administrasi Umum (BAU), Direktur Program Pasca Sarjana (S2/MAP), Kabag Keuangan Program S2 dan Kepala Perpustakaan.

"Mutasi yang dilakukakan YKK bersifat otoriter yang harus dihilangkan, karena tidak sesuai prosedur seperti melalui proses fit and profer test," katanya.

Ditambahkannya, prosedur melalui proses fit and proper test ini perlu dilakukan terlebih di antara pejabat yang dimutasi itu adalah pejabat yang menduduki jabatan strategis di lingkungan Unikarta.

Oleh sebab itu kami sebagai komponen kampus menolak keras mutasi yang dilakukan YKK karena asal tunjuk pejabat saja. "Nampaknya orang-orang di YKK tidak mempunyai Visi dan Misi yang jelas dalam membangun Unikarta," tandasnya.

Ahmadin juga mengatakan, "kalau memang cara seperti ini yang diambil, maka kami merasa pesimis Unikarta akan maju dan berkembang bila diisi oleh orang yang masih diragukan kemampuannya,"

Sementara Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Toni Nurhadi menanggapi, pihaknya melihat dalam mutasi ini ada aroma KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) di YKK.

"Buktinya, tanpa memandang aspek profesionalisme dan karier seseorang, mereka melakukan penunjukan tanpa ada uji kepatutan dan kelayakan. Jelas hal ini akan berdampak yaitu terjadi stagnasi bagi kemajuan pendidikan di kampus," ujarnya.

Menurut Toni, seharusnya saat ini YKK lebih memikirkan kesejahteraan dosen, bukan melakukan mutasi. "Mutasi ini akan berdampak negatif terhadap dunia kampus karena akan terjadi mosi tidak percaya terhadap YKK disamping adanya proses balas dendam dari pejabat lama," imbuhnya.

Toni juga mensinyalir jika pejabat baru pilihan YKK benar-benar dilantik maka akan ada mogok mengajar oleh seluruh dosen sebagai bentuk protes mutasi yang dilakukan. "Hal inilah yang tidak kita inginkan bersama-sama," tegasnya.

Setelah berorasi selama beberapa menit, para pendemo ingin menemui Ketua YKK Dr Teguh Budiharsono MPd di ruang kerjanya, namun yang dicari tidak berada di tempat. (yan)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com