Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diwarnai Demo, Syaukani Pertanggungjawabkan APBD 2005

Prof.Syaukani HR.MM saat membacakan LKPJ dihadapan anggota DPRD
Prof.Syaukani HR.MM saat membacakan LKPJ dihadapan anggota DPRD
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 17/05/2006 20:22 WITA
Bupati Kutai Kartanegara Prof DR H Syaukani HR MM menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2005 dalam Rapat Paripurna II, tadi pagi di hadapan anggota DPRD yang dipimpin Ketuanya H Bahtiar Effendi, Tenggarong.

Penyampaian pertanggung jawaban ini ditandai penyerahan berkas LPJ oleh Prof Syaukani kepada Ketua DPRD H Bahtiar Effendi di saksikan para Pimpinan dan anggota DPRD, Muspida, Kepala Dinas/instansi serta sejumlah tokoh masyarakat Kukar lainnya.

Bupati Prof Syaukani dalam mempertanggung jawabankan APBD 2005 mengatakan, bahwa pada TA 2005 dari Rp 2,99 Trilyun target penerimaan daerah, realisasinya ternyata mencapai Rp 3,19 Trilyun lebih atau 106,41 % dari target.

Sedang untuk belanja dan pengeluaran lainnya kata Syaukani rinciannya adalah belanja tidak langsung sebesar Rp 938,15 Milyar dan belanja langsung sebesar Rp 1,83 Trilyun. Dibandingkan realisasi jumlah penerimaan TA 2005 itu maka terdapat saldo diakhir anggaran sebesar Rp 422,44 milyar lebih.

"Saldo ini merupakan sisa lebih anggaran yang secara administratif merupakan komponen penerimaan daerah yang dimasukkan kembali dalam APBD 2006," ujarnya.


Prof.Syaukani HR saat menyerahkan LKPJ Tahun 2005 kepada Ketua DPRD H. Bachtiar Effendi
Photo: Yanda

Dikatakannya, pembangunan ekonomi secara makro di Kukar masih mengandalkan eksploitasi sumber daya alam (SDA). "Ini tergambar dari pembentukan Product Regional Domestic Bruto (PDRB) dimana peranan sektor pertambangan dan penggalian masih mendominasi struktur ekonomi daerah ini yakni sebesar 76,25 %," katanya.

Sementara PDRB di sektor pertanian dan lainnya menyumbang 10,45 % dan 13,30 %. Tingginya ketergantuan terhadap SDA perlu dikurangi antara lain melalui transformasi secara bertahap, terutama bagi sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui.

"Dari eksploitasi sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui, kepada pengembangan sumberdaya yang dapat diperbaharui, ditingkatkan dan dikembangkan di masa mendatang," katanya.

Mengurai kegiatan yang telah dilakukan selama TA 2005 menurut Syaukani, dibagi dalam tiga pilar pencapaian strategi pembangunan yang juga menjadi sasaran dari Program Gerbang Dayaku.

Pertama yaitu pemberdayaan Pemkab dan penegakkan supremasi hukum yang dilakukan dalam bentuk peningkatan disiplin, pemberian sanksi dan penghargaan bagi paratur dengan hasil 69 berkas pemeriksaan. "Dari jumlah itu tiga PNS diberhentikan dan 9 PNS dalam proses penyidikan," katanya.

Kedua, pemberdayaan segenap komponen ekonomi dengan kegiatan antara lain pengembangan pertanian tanaman pangan. Sedang terakhir atau ketiga adalah pemberdayaan masyarakat menuju mandiri sosial dan ekonomi. Hal ini dilakukan dalam bentuk pembangunan infrastruktur pedesaan dan pengembangan kepariwisataan daerah.


Massa dari LSM BOM, KOPI LMND saat demo didepan Gedung DPRD Kukar
Photo: Yanda

Menyinggung pencanangan program 365 hari pertama menurut Syaukani demi menciptakan pemerintahan yang bersih, berprestasi dan berwibawa. "Ini merupakan kontrak politik saya sebagai pengemban amanah masyarakat," katanya.

Program 365 hari diperlukan demi memprioritaskan kegiatan yang sangat penting dan mendesak pada waktu satu tahun pertama. "Karena kita tidak dapat mengeksploitasi peluang dalam waktu singkat," demikian ujarnya.

Sementara di tengah penyampaian pertanggungjawaban Bupati Kukar di hadapan anggota Dewan, di luar gedung sidang utama DPRD Kukar massa dari tiga kelompok melakukan aksi unjuk rasa dengan berorasi dan membawa poster.

Ketiga kelompok massa itu adalah Komunitas Orang Pinggiran (KOPI), Liga Mahasiswa Nasional Demokrat (LMND) dan LSM Barisan Oposisi Murni (BOM) Kukar.

Ketiga massa ini sengaja menghadang Syaukani di luar pintu masuk gedung sidang utama DPRD untuk menyampaikan aspirasi yang intinya mempertanyakan komitmen Syaukani dalam pemberantasan KKN. (Joe/Nop)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com