Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aksi Bersih-Bersih di Muara Badak Libatkan Para Pemuda

Aksi bersih-bersih yang melibatkan para pemuda Muara Badak akan digelar tiap 2 minggu sekali
Aksi bersih-bersih yang melibatkan para pemuda Muara Badak akan digelar tiap 2 minggu sekali
Photo: Bastian

KutaiKartanegara.com - 23/04/2006 21:02 WITA
Banyaknya sampah yang menumpuk dan saluran parit yang kotor membuat beberapa kelompok pemuda Muara Badak menggelar aksi bersih-bersih sampah dan saluran parit di sepanjang Desa Gas Alam, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (23/04) pagi.

Kegiatan bersih-bersih yang dimotori oleh Yayasan Peduli Muara Badak (YPM) bersama Karang Taruna Karya Pelangi dan Radio Mutiara '83 ini didukung pula oleh DKR Pramuka Muara badak, Gudep Ahmad Yani dan Karang Taruna Desa Badak Baru.

Meski hujan lebat sempat mengguyur Muara Badak sejak Subuh hingga pukul 09.00 WITA, namun semangat para pemuda yang berjumlah sekitar 100 orang tetap tinggi.

Sampah yang menumpuk di samping rumah warga habis diangkut. Sementara saluran parit yang suyah mulai ditumbuhi rumput juga tak luput dari sasaran para pemuda.


Parit yang kotor tak luput dari sasaran aksi bersih-bersih tadi pagi
Photo: Bastian

Sampah dari dalam gang diangkut keluar kemudian dinaikkan ke atas truk sampah bantuan BPMIGAS-VICO Indonesia yang saat ini dikelola oleh Yayasan Peduli Muara Badak.

Tak puas dengan membersihkan parit dan sampah, anggota Karang Taruna Karya Pelangi Desa Gas Alam juga menggelar aksi layaknya 'Bedah Rumah'. Posyandu Kenanga di Badak Satu Ujung dipermak, mulai dari pengecatan dinding sampai atap. Bahkan Sekcam Muara Badak H Zainal Abidin juga sempat turun tangan melakukan pengecatan.

Selain melakukan aksi bersih-bersih, para anggota Pramuka dan arang Taruna Karya Pelangi juga membagi-bagikan 3.000 bungkus bubuk abate bantuan VICO Indonesia melalui Puskesmas Muara Badak kepada warga di Desa Gas Alam secara gratis.

Tak hanya itu, pihak Karang Taruna Karya Pelangi juga memasang plang papan untuk mengingatkan warga agar menjaga kebersihan. Diantaranya bertuliskan "Bebaskan Muara Badak dari Sampah. Kalau Bukan Kita Siapa Lagi? Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi?".


Selain menggelar aksi kebersihan, anggota Pramuka dan Karang Taruna membagi-bagikan bubuk abate secara gratis kepada warga
Photo: Bastian

Menurut Ketua Karang Taruna Karya Pelangi Desa Gas Alam, Subhan Asykari, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan sebagai wujud keprihatinan terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan, juga dalam rangka peringatan Hari Bumi se dunia yang jatuh pada tanggal 22 April kemarin.

"Kegiatan bersih-bersih ini rencananya akan digelar tiap 2 minggu sekali. Kami sudah sepakat dengan teman-teman dari berbagai kelompok di Muara Badak untuk menciptakan Muara Badak 'Bersinar' atau Bersih, Sehat, Indah, Aman dan Rapi," ujar Subhan.

"Minggu ini aksi bersih-bersih digelar di Gas Alam. Dua minggu mendatang di Desa Muara Badak Ulu, kemudian beralih ke desa yang lain," timpal Wakil Ketua YPM Syafrudin.

Kami mengucapkan terima kasih kepada VICO Indonesia atas bantuan, bimbingan dan kepedulian VICO Indonesia terhadap kebersihan lingkungan serta pembinaan terhadap generasi Muda di Muara Badak ini.

Berdasarkan pantauan di lapangan, meski kegiatan ini sudah disampaikan melalui Radio Mutiara '83 dan surat edaran kepada beberapa RT yang ada di Desa Gas Alam, sangat disayangkan ternyata banyak warga yang menjadikan kegiatan langka tersebut hanya sebagai tontonan gratis. Padahal yang dibersihkan adalah halaman rumah mereka. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com