Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Digelar Mulai 25 September, Kesultanan Kutai Kembali Laksanakan Pesta Adat Erau

Suasana prosesi adat Beluluh terhadap Sultan Kutai dan permaisuri di Kedaton Kutai Kartanegara, Tenggarong, Rabu (21/09) pagiSuasana prosesi adat Beluluh terhadap Sultan Kutai dan permaisuri di Kedaton Kutai Kartanegara, Tenggarong, Rabu (21/09) pagi
Photo: Awall Pratama


Adat Beluluh dimaksudkan untuk membersihkan diri Sultan Kutai dan permaisuri yang akan melaksanakan Erau
Adat Beluluh dimaksudkan untuk membersihkan diri Sultan Kutai dan permaisuri yang akan melaksanakan Erau
Photo: Awall Pratama

KutaiKartanegara.com - 21/09/2022 23:00 WITA
Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, pihak Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura tahun ini kembali akan melaksanakan pesta adat Erau.


Erau Adat Pelas Benua 2022 akan digelar selama sepekan di Museum Mulawarman, Tenggarong, mulai 25 September hingga 3 Oktober 2022. Upacara pembukaan akan digelar pada hari Minggu 25 September 2022, kemudian acara puncak Erau 2022 ditandai dengan Mengulur Naga dan Belimbur pada Minggu 2 Oktober 2022.


Dan jelang dilaksanakannya Erau Adat Pelas Benua 2022, pihak Kesultanan Kutai menggelar sejumlah kegiatan pendahuluan. Salah satunya adalah ritual adat Beluluh terhadap Sultan Kutai H Adji Muhammad Arifin dan permaisuri yang berlangsung di Kedaton Kutai Kartanegara, Tenggarong, Rabu (21/09/2022) pagi.


Dalam upacara adat Beluluh yang berlangsung khidmat dengan iringan musik gamelan ini, Sultan dan permaisuri duduk di atas balai bambu kuning untuk menerima ritual tepong tawar dari seorang pawang pria yang disebut Belian.


Beluluh terhadap Sultan H Adji Muhammad Arifin dan permaisuri diakhiri dengan prosesi menarik anyaman janur kuning yang disebut Ketikai Lepas. Prosesi Ketikai Lepas ini dilakukan dengan beberapa kerabat Kesultanan dan tokoh masyarakat, di antaranya dengan Asisten I Setkab Kukar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Thauhid Afrilian Noor dan Wakil Ketua DRPD Kukar Alif Turiadi.


Menurut Ketua Panitia Erau Adat Pelas Benua Kesultanan Kutai, Aji Hasanuddin, kegiatan Beluluh ini dimaksudkan untuk membersihkan diri Sultan dan permaisuri yang akan melaksanakan Erau dari pengaruh jahat atau sifat-sifat yang tidak baik.


"Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya upacara adat Beluluh ini, Sultan dan kita semua diberikan kesehatan dan keamanan untuk acara Erau nanti," jelasnya.


Setelah melaksanakan ritual adat Beluluh, pada sore harinya pihak Kesultanan Kutai menggelar upacara adat Menjamu Benua yang dilakukan di 3 titik di tepian sungai Mahakam, Tenggarong.


Diawali dari kawasan Tanah Habang di Kelurahan Mangkurawang yang disebut Kepala Benua, kemudian rombongan Belian dan Dewa melakukan ritual di Tengah Benua atau kawasan Kelurahan Panji, tepat di depan Museum Mulawarman. Dan terakhir di Buntut Benua, yakni di kawasan Kelurahan Timbau depan Kantor Bupati Kukar.


Sebelumnya, rangkaian acara pendahuluan jelang pelaksanaan Erau telah diawali dengan kegiatan khataman Al Quran dan haul jamak bertempat di Kedaton Kutai Kartanegara, serta Titi Bende atau kegiatan keliling kota sebagai pemberitahuan akan dilaksanakannya Erau oleh Kesultanan Kutai pada Selasa (20/09/2022) kemarin.


Kemudian selama 3 malam yakni pada Rabu (21/09) malam, Jumat (23/09) malam dan Sabtu (24/09) malam, Kesultanan Kutai juga menggelar ritual adat Merangin yang dilaksanakan di samping Museum Mulawarman.


Pesta adat Erau 2022 secara resmi akan dimulai pada hari Minggu 25 September 2022 yang ditandai dengan prosesi adat Mendirikan Ayu di Museum Mulawarman, yang dirangkai dengan seremoni pembukaan Erau 2022. (win)


Upacara adat Menjamu Benua sebagai bentuk pemberitahuan kepada makhluk gaib tentang akan dilaksanankannya Erau
Photo: Doni Satriyo

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
Lima Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dilantik
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Musisi Jazz Ardhito Pramono Apresiasi SetiaFest 2022
Fabio Asher Sukses Bikin Baper Penonton Konser SetiaFest 2022
 
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022 Resmi Dimulai
 
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
Jaga Persatuan dan Kesatuan Melalui Pesta Adat Erau
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com