Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kelurahan Panji Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba

Anggota Satgas KTAN Kelurahan Panji foto bersama Asisten III Totok Heru Subroto, Wakapolres Kukar, Ketua DPRD Kukar dan undangan lainnya Anggota Satgas KTAN Kelurahan Panji foto bersama Asisten III Totok Heru Subroto, Wakapolres Kukar, Ketua DPRD Kukar dan undangan lainnya
Photo: Agri


Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto dan Wakapolres Kukar Kompol Angga Indarta menggunting pita di depan Posko KTAN Kelurahan Panji
Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto dan Wakapolres Kukar Kompol Angga Indarta menggunting pita di depan Posko KTAN Kelurahan Panji
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 07/06/2022 15:50 WITA
Upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba terus digalakkan Polres Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya dilakukan dengan pencanangan Kelurahan Panji di Kecamatan Tenggarong sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba (KTAN).


Pencanangan Kelurahan Panji sebagai salah satu KTAN di Kukar ini dilakukan secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Kukar Totok Heru Subroto di Taman Miana Panji, Jalan Stadion Timur, Tenggarong, Selasa (07/06/2022) pagi.


Secara organisasi, KTAN Kelurahan Panji dipimpin oleh Isnaniah yang merupakan Lurah Panji, dibantu Ipda Kelik Megantoro sebagai Wakil Ketua dan Aipda Sutaji sebagai Koordinator.


Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, KTAN Kelurahan Panji memiliki 3 Satuan Tugas (Satgas), yakni Satgas Pencegahan, Satgas Pemberantasan, dan Satgas Rehabilitasi.


Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutan tertulis yang dibacakan Totok Heru Subroto memberikan apresiasi atas sinergi antara Polres Kukar dengan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba. Menurutnya, Pemkab Kukar sangat mendukung upaya Kepolisian dalam memutus mata rantai peredaran narkoba di Kukar.


Ditambahkannya, di Kukar sudah terbentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba di 16 desa/kelurahan dari 16 kecamatan, di luar kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu yang wilayah hukumnya masuk Polres Bontang.


Dari 16 Kampung Tangguh Anti Narkoba yang ada di Kukar, lanjutnya, salah satunya merupakan Kampung Tangguh terbaik di Kaltim, yakni Kampung Tangguh Etam Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, yang berhak mewakili provinsi Kaltim untuk mengikuti lomba kampung tangguh tingkat nasional pada tahun 2021 lalu.


Bupati Kukar berharap agar desa/kelurahan yang telah melaksanakan deklarasi sebagai KTAN dapat menjaga wilayahnya dari narkoba baik mencegah maupun memberikan informasi tentang peredaran dan penyalahgunaan narkoba.


"Kampung Tangguh Anti Narkoba ini merupakan bagian dari kekuatan masyarakat untuk bersama-sama melawan peredaran narkoba, dan harus diiringi dengan tindakan dan aksi konkret dari masyarakat itu sendiri, sehingga terminimalisir dari tekanan baik peredaran maupun penyalahgunaan narkoba," pungkasnya.


Sementara Kapolres Kukar AKBP Erwin Amrih Wientama melalui Wakapolres Kompol Angga Indarta mengatakan, Kampung Tangguh Anti Narkoba merupakan terobosan kreatif untuk membina masyarakat agar turut serta aktif dalam melakukan pencegahan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kukar, khususnya di Kelurahan Panji, Tenggarong.


"Dengan adanya Kampung Tangguh Anti Narkoba, kita semua mengharapkan agar Kelurahan Panji dapat menjadi contoh dan teladan bagi kelurahan atau desa lainnnya, sebagai ujung tombak dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba," jelasnya.


Dalam kesempatan tersebut Wakapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan seluruh warga Kelurahan Panji yang berkomitimen memerangi narkoba. "Narkoba merupakan salah satu penyakit masyarakat yang benar-benar kita perangi. Dan kerjasama dari semua pihak sangat kita butuhkan," serunya.


Setelah dicanangkan sebagai KTAN, Wakapolres berharap agar kegiatan sosialisasi pemahaman narkoba dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan bersinergi dengan instansi terkait. "Kami sangat berharap Kelurahan Panji dapat memberikan contoh, berani berkomitmen menjadi kelurahan yang bersih dari narkoba," tegasnya.


Turut hadir pada acara pencanangan KTAN Kelurahan Panji di antaranya adalah Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, perwakilan Forkopimda Kukar, Camat Tenggarong Sukono, tokoh masyarakat serta para Ketua RT di Kelurahan Panji. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com