Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Nakes dan Tokoh di Kukar Terima Vaksin COVID-19 Dosis Kedua

Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti saat menerima vaksin dosis kedua di RSUD AM Parikesit, Tenggarong, Kamis (28/01) siang Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti saat menerima vaksin dosis kedua di RSUD AM Parikesit, Tenggarong, Kamis (28/01) siang
Photo: Agri


Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling ikut mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis yang kedua
Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling ikut mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis yang kedua
Photo: Dok. Kodim 0906/Tenggarong

KutaiKartanegara.com - 28/01/2021 21:52 WITA
Setelah dua pekan lalu menerima vaksinasi pertama, para tenaga kesehatan (nakes) dan beberapa tokoh di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua.


Ada 7 tokoh yang mendapatkan suntikan vaksinasi dosis kedua pada di RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang, Kamis (28/01) pagi. Mereka adalah influencer Akbar Haka, Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono, Wakil Ketua MUI Kukar Irianto, Pendeta David Octavianus Subagio Hardjawinata, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling, dan Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti.


Sama seperti vaksinasi perdana, mereka juga terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum menerima suntikan vaksin. Meliputi suhu badan, tekanan darah dan kadar gula darah. Jika semuanya dalam keadaan normal, vaksinasi pun dapat dilaksanakan.


Menurut Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti, secara keseluruhan ada 161 orang yang menjalani vaksinasi Sinovac dosis kedua pada hari Kamis. Ke semuanya adalah para nakes, ditambah 7 orang tokoh. Sedangkan ribuan nakes lainnya akan menjalani vaksinasi dosis kedua secara bertahap pada hari-hari berikutnya.


Kegiatan vaksinasi dosis kedua tersebut, lanjut Martina Yulianti, dilaksanakan di sejumlah fasilitas layanan kesehatan di Kukar, seperti di RSUD AM Parikesit sebanyak 28 orang, kemudian RSUD Dayaku Raja Kota Bangun sebanyak 25 org, Puskesmas Kota Bangun 18 orang, Puskesmas Rimba Ayu 4 orang, dan Puskesmas Separi III 9 orang.


Kemudian Puskesmas Teluk Dalam 9 orang, Puskesmas Sanga-Sanga 19 orang, Puskesmas Sungai Merdeka 7 orang, Puskesmas Bunga Jadi 2 orang, Puskesmas Muara Badak 5 orang, Puskesmas Badak Baru 14 orang, Puskesmas Muara Jawa 6 orang, Puskesmas Muara Muntai 10 orang, Puskesmas Muara Wis 2 orang, Puskesmas Samboja 2 orang, dan PKM Tabang 1 orang.


Kepada awak media, Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti menyatakan setelah vaksinasi kedua ini barulah akan terbentuk antobodi secara optimal.


Ditambahkannya, vaksinasi ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko seseorang tertular COVID-19. "Namun bukan berarti mereka yang sudah mendapat vaksin tidak akan tertular. Karena melalui uji klinis tahap ketiha, efikasinya 65% aman tidak tertular, dan 35% masih bisa tertular," ungkapnya.


Meski orang yang menerima vaksin masih bisa terinfeksi virus Corona, lanjutnya lagi, namun orang tersebut tidak akan mengalami sakit yang berat. "Jadi vaksin ini bukan mencegah orang tidak tertular, namun agar orang tidak sakit. Harapannya menjadi OTG (Orang Tanpa Gejala, red) jika tertular," ujarnya.


Oleh karena itu, dr Martina Yulianti meminta kepada orang yang telah menerima vaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Mutasi Kembali Berlanjut, 9 Pejabat Eselon II Tempati Posisi Baru
Berjalan Khidmat, Bupati Edi Damansyah Pimpin Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76
 
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Latih Tanding di Jakarta, Mitra Kukar Nyaris Tumbangkan Klub Liga 1 Ini
Laga Uji Coba, Mitra Kukar Kalahkan Jakarta United 1-0
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com