Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kampung Kamal, Perkampungan Bersih dan Asri di Samboja yang Dikembangkan Sebagai Kawasan Agrowisata

Lingkungan di Kampung Amal yang bersih dan asri menjadi sasaran kegiatan Gathering Jurnalis Dikominfo Kukar pada Sabtu (24/10) kemarin untuk melihat lebih dekat potensi yang ada di kawasan tersebutLingkungan di Kampung Amal yang bersih dan asri menjadi sasaran kegiatan Gathering Jurnalis Dikominfo Kukar pada Sabtu (24/10) kemarin untuk melihat lebih dekat potensi yang ada di kawasan tersebut
Photo: Agri


Salah satu sudut di Kampung Kamal yang ditata sebagai taman
Salah satu sudut di Kampung Kamal yang ditata sebagai taman
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/10/2020 23:38 WITA
Kampung Kamal, sebuah pemukiman penduduk di Kelurahan Sanipah, Kecamatan Samboja, merupakan perkampungan yang dikenal bersih dan asri.


Betapa tidak, 2 Rukun Tetangga (RT) yang ada di kampung ini secara bergantian pernah meraih predikat juara 1 dan juara 2 kebersihan lingkungan antar RT di Samboja pada tahun 2018-2019 silam.


Suasana di kampung ini sangat asri dan penuh warna. Hampir di setiap rumah, warga memanfaatkan pekarangan untuk menanam aneka bunga dan sayur-sayuran.


Sayur-sayuran yang ditanam warga Kampung Kamal bahkan mampu memasok kebutuhan sayur di wilayah Samboja, termasuk sebagai bahan baku katering untuk perusahaan migas PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).


Potensi pertanian di kampung yang bersih dan asri inilah yang kemudian dilirik PHM untuk mengembangkan Kampung Kamal sebagai kawasan agrowisata melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).


"Melalui program CSR yang berbasis pemberdayaan masyarakat, kami berharap di tahun 2022 terdapat kemandirian masyarakat dalam pengelolaan Kampung Kamal sebagai kampung agrowisata atau agropolitan wisata yang nanti akan menunjang IKN (Ibu Kota Negara)," ujar Lalu Muhammad Azwar, Community Development Officer PHM.


Untuk mencapai kemandirian tersebut di tahun 2022, lanjut Azwar, PHM telah melaksanakan program Petani Maju 4.0 di Kampung Kamal yang tahapannya mulai dilakukan sejak tahun 2018.


"Pertama kami melakukan penilaian terlebih dahulu. Memetakan apa yang menjadi masalah dan apa potensi yang bisa dikembangkan dari Kampung Kamal," ujar Azwar di hadapan awak media yang mengikuti kegiatan Gathering Jurnalis bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara, Sabtu (24/10) siang.


Kemudian pada tahun 2019-2020, lanjut Azwar, PHM mulai meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan membangun infrastruktur di Kampung Kamal. "Untuk infrastruktur yang telah dibangun adalah working space (ruang kerja-red) bagi pemuda tani Kampung Kamal untuk menyusun kegiatan, mengevaluasi dan melakukan berbagai pertemuan," jelasnya.


Sementara beberapa pelatihan yang telah dilakukan, di antaranya ada pelatihan Drone dan pelatihan Permakultur yang mengarah ke pertanian ramah lingkungan.


"Kita juga melakukan pelatihan terhadap ibu-ibu Kelompok Wanita Tani agar dapat mengolah hasil pertanian menjadi sebuah produk. Jadi ada hilirasisi atau industrialisasi yang coba kita lakukan," jelasnya.


Untuk menunjang pemasaran produk-produk olahan serta hasil pertanian warga Kampung Kamal, Azwar mengungkap pihaknya telah mengembangkan aplikasi tanam digital yang akan diluncurkan bulan depan. "Aplikasi tersebut seperti Grab atau Gojek skala mini. Nanti teman-teman pemuda di Kampung Kamal yang akan menjadi pengelolanya," ujarnya lagi.


Melalui program tersebut, tambahnya, diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk Indonesia, terutama teman-teman pemuda untuk dapat bergerak lagi di bidang pertanian dan berdirikari di negeri sendiri mealui pertanian.


Sebagai pendukung kawasan agrowisata, Azwar menyebutkan pihaknya sedang menyiapkan spot-spot menarik selain taman-taman di lingkungan Kampung Kamal.


"Ada spot yang bagus sekali di bukit sana untuk melihat sunset atau matahari tenggelam di sore hari serta sunrise atau matahari terbit di pagi hari. Untuk sunrise, pemandangannya sangat epik karena kita bisa melihat laut dan daratan hijau," pungkasnya.


Sementara dikatakan Kepala Diskominfo Kukar, Bahteramsyah, pihaknya sengaja menggelar kegiatan Gathering Jurnalis di Kampung Kamal untuk melihat lebih dekat potensi yang ada.


"Harapannya, rekan-rekan media dapat mempromosikan Kampung Kamal yang punya potensi besar sebagai kawasan agrowisata. Daerahnya memang asri. Mungkin suatu saat, orang terlebih dahulu berkunjung ke Kampung Kamal sebelum pergi ke pantai. Bahkan bisa saja orang bermalam Minggu di sini, tapi tentunya ke depan harus disiapkan homestay atau tempat menginap," harapnya. (win)


Selain menanam bunga, warga Kampung Kamal banyak memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran
Photo: Agri


Peta lokasi Kampung Kamal di Kelurahan Sanipah, Samboja

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com