Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sanggar Seni Kumala Geber Pagelaran Kesenian Rakyat

Penampilan para penari Sanggar Seni Kumala yang membawakan Tari Jepen PergaulanPenampilan para penari Sanggar Seni Kumala yang membawakan Tari Jepen Pergaulan
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 24/03/2006 14:44 WITA
Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-5, Sanggar Seni Kumala Tenggarong menggelar event musik dan tari bertajuk Pagelaran Kesenian Rakyat 2006 dengan memperlombakan Musik Tingkilan, Tari Jepen, Tari Melayu hingga Band Lagu Daerah Kutai.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (23-25 Maret) ini secara resmi dibuka tadi malam (23/03) oleh Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) M Indra SE MM yang ditandai dengan pemukulan alat perkusi.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Jemmy Satliawan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan kesenian rakyat Kutai dalam rangka regenerasi pelaku seni di Kukar, khususnya guna mendukung program Gerbang Dayaku Tahap II di bidang pariwisata.

"Ada pun para peserta kegiatan ini adalah grup-grup atau perkumpulan seni musik maupun tari yang berasal dari Tenggarong dan sekitarnya. Untuk Parade Band Lagu Daerah diikuti 17 grup, Tari Jepen 10 grup, Musik Tingkilan 6 grup dan Tari Melayu 3 grup," jelas Jemmy Satliawan.


Aksi gitaris dan basis The Jakers Band yang enerjik
Photo: Agri

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kukar M Indra dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh diselenggarakannya event kesenian yang mengangkat budaya Kutai seperti yang digarap Sanggar Seni Kumala.

"Dengan dicanangkannya tekad Kukar sebagai daerah tujuan wisata utama di Kalimantan, Pemkab Kukar akan mencoba mendorong semaksimal mungkin bagi tumbuh dan berkembangnya kesenian seperti ini," ujar Indra.

Di era globalisasi saat ini, lanjut Indra, seni budaya daerah telah tertindas atau terdegradasi dan bahkan terancam punah oleh derasnya kesenian bangsa luar yang masuk ke tanah air.

Ditambahkan Indra, melalui event seperti ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan di hati generasi muda untuk melestarikan dan mengimplementasikan warisan seni budaya Kutai.

"Karena warisan seni budaya Kutai sebenarnya tidak kalah menarik dengan kesenian modern. Yang penting kita selalu eksis dalam mengapresiasi kesenian daerah kepada khalayak ramai," pesan Indra.

Pembukaan Pagelaran Kesenian Rakyat 2006 tadi malam dimeriahkan pula dengan penampilan para musisi senior Tenggarong yang membawakan tembang-tembang nostalgia, persembahan Tari Jepen Pergaulan oleh para penari Sanggar Seni Kumala serta penampilan band cilik The Jakers Band.

Ratusan warga Tenggarong tampak antusias menyaksikan acara yang digelar di tepian Mahakam Jalan Jenderal Sudirman ini. Apalagi saat The Jakers tampil membawakan lagu pop daerah Kutai yang ngetop di tahun 1980an bertajuk Jaja'ku Penyek dengan iringan musik hingar-bingar. (win)


Pada pembukaan Pagelaran Seni Rakyat 2006, Jakers Band tampil menghibur dengan lagu ciptaan sendiri serta lagu pop daerah Kutai yang telah diaransemen ulang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com