Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe
SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman

Suasana di Jalan Mulawarman, Tenggarong, yang menjadi tempat pelaksanaan Lorong Budaya Mulawarman Suasana di Jalan Mulawarman, Tenggarong, yang menjadi tempat pelaksanaan Lorong Budaya Mulawarman
Photo: Agri


Dua orang siswa SMAN 1 Tenggarong tampak asyik memainkan permainan congklak yang sudah jarang dimainkan anak-anak Tenggarong
Dua orang siswa SMAN 1 Tenggarong tampak asyik memainkan permainan congklak yang sudah jarang dimainkan anak-anak Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 14/12/2019 16:27 WITA
Suasana di Jalan Mulawarman, Kelurahan Panji, Tenggarong, tadi pagi tampak begitu ramai dengan ratusan pelajar SMAN 1 Tenggarong yang mengenakan busana daerah Kutai.


Ada yang asyik memainkan aneka permainan tradisional, mulai dari bermain tali, begasing, egrang, kelom panjang, asen naga, asen kabat, hingga congklak atau dakon.


Sementara di sisi jalan lainnya, ada yang sibuk berjual beli aneka makanan, minuman dan jajanan tradisional. Mulai dari Serabai, Golongan Ayam, Amparan Tetak, Peler Kambing, Temu Kunci, Bingkak, Jenderal Mabok, Roti Balok, dan lain sebagainya.


Stan yang disediakan cukup sederhana. Menggunakan konstruksi yang terbuat dari bambu, serta pemakaian atap kajang sebagai penutup, membuat stan-stan tersebut terkesan unik, layaknya suasana di pedesaan atau Kutai Tempo Doeloe.


Nuansa Kutai Tempo Doeloe ini sengaja dihadirkan pihak SMAN 1 Tenggarong lewat ajang seni budaya yang diberi nama Lorong Budaya Mulawarman.


Kegiatan Lorong Budaya Mulawarman dibuka Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Jafar Sodiq (kanan) yang ditandai pula dengan pembacaan tarsul oleh dua pelajar SMAN 1 Tenggarong
Photo: Agri


Nama Mulawarman yang diambil sebagai nama kegiatan ini bukan hanya sekedar nama raja pertama Kerajaan Kutai yang telah tersohor. Namun juga karena Mulawarman adalah nama jalan dimana SMAN 1 Tenggarong berada.


"Kegiatan ini sengaja kita gelar agar para siswa bisa mengenal lebih dekat budaya Kutai. Jangan sampai budaya kita tidak dipahami atau tidak dikenali anak-anak kita di masa mendatang," kata Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMAN 1 Tenggarong, Jafar Sodik, Sabtu (14/12) pagi.


Jafar pun berharap agar Lorong Budaya Mulawarman dapat menjadi agenda rutin tahunan yang digelar SMAN 1 Tenggarong. "Saya harap ke depan pelaksanaannya bisa berjalan lebih baik dan semakin ditingkatkan," ujarnya.


Ditambahkannya, kegiatan Lorong Budaya Mulawarman merupakan ajang seni budaya yang baru pertama kali digarap SMAN 1 Tenggarong. Untuk stan bazar yang disiapkan baru diikuti 15 kelas dari 27 kelas yang ada.


"Mudah-mudahan pada tahun depan bisa kita tingkatkan, dengan diikuti seluruh kelas, seluruh mata pelajaran, dan seluruh kegiatan ekstra kurikuler yang ada di SMAN 1 Tenggarong," harapnya.


Pembukaan Lorong Budaya Mulawarman dimeriahkan dengan penampilan tari Jepen yang dibawakan para pelajar SMAN 1 Tenggarong
Photo: Agri


Pembukaan Lorong Budaya Mulawarman ditandai pula dengan pembacaan Tarsul, serta suguhan tarian rakyat Kutai atau tari Jepen yang dibawakan secara massal oleh para pelajar SMAN 1 Tenggarong bersama beberapa guru.


Selain diisi dengan stan kuliner khas Kutai dan aneka permainan tradisional, Lorong Budaya Mulawarman juga diisi dengan pameran hasil karya pelajar SMAN 1 Tenggarong baik berupa kerajinan tangan maupun karya literasi.


Selain itu, ajang Lorong Budaya Mulawarman juga disemarakkan dengan pertunjukan kesenian tradisional yang dibawakan para pelajar SMAN 1 Tenggarong, acara Ngapeh atau diskusi, serta musik Congkil atau Keroncong Tingkilan.


Kegiatan yang berlangsung hingga malam ini akan diisi pula dengan pemutaran film tentang kebudayaan bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Kalimantan Timur. (win)


Beberapa kelas berpartisipasi untuk menjajakan aneka jajanan tradisional di stan sederhana yang telah disiapkan
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com