Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kurang Dari 4,5 Menit, Regu Badak Asset I Atasi Kebakaran Ladang Gas

Regu pemadam kebakaran berusaha menjinakkan si jago merah yang terus berkobar hebat
Regu pemadam kebakaran berusaha menjinakkan si jago merah yang terus berkobar hebat
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 12/02/2006 15:25 WITA
Sebuah ladang gas milik VICO Indonesia di Muara Badak yang terbakar hebat Sabtu (11/02) kemarin, menimbulkan menara api yang tingginya mencapai 50 meter. Sebanyak 15 regu pemadam diturunkan untuk memadamkan api yang berkobar sejak pukul 08.15 WITA. Api baru dapat dijinakkan sekitar pukul 12.30 WITA.

Aksi 15 regu pemadam ini mendapat perhatian serius oleh beberapa petinggi VICO yang terjun langsung ke lokasi untuk menyaksikan regu pemadam yang sedang berjuang melawan panasnya api yang berasal dari kondensat yang terbakar.

Para petinggi VICO Indonesia yang menyaksikan langsung dari jarak dekat aksi regu pemadam tersebut diantaranya Vice President Samberah Asset, Amri Siahaan, yang didampingi beberapa manajer.

Peristiwa tersebut merupakan salah satu aksi regu pemadam peserta Lomba Pemadaman Kebakaran dari berbagai departemen yang digelar BPMIGAS-VICO Indonesia dalam rangka Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang diperingati tiap tahun dari tanggal 12 Januari sampai 12 Februari.


Kobaran si jago merah mampu membentuk menara api yang tingginya hingga 50 meter
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Lokasi yang dipergunakan untuk kegiatan lomba memadamkan api ini adalah Fire Training Ground yang letaknya tidak jauh dari Lokasi Sumur Badak VI. Setiap regu terdiri dari 6 orang dipimpin seorang kapten. Regu yang tampil harus menggunakan peralatan lengkap, mulai dari baju tahan panas yang merupakan seragam khusus tim pemadam, topi/helm, sarung tangan dan sepatu safety.

Menurut Ketua Panitia Lomba Pemadaman Kebakaran, Dadang Suparman, beberapa ketentuan yang dibuat oleh panitia meliputi kerjasama dan kekompakan tim, teknik menggelar dan menggulung selang, teknik memadamkan api.

"Setiap regu kami beri waktu selama 15 menit untuk melakukan pemadaman. Dan jika salah seorang peserta terjatuh maka hal itu dapat mengurangi nilai," jelas Dadang yang sehari-harinya adalah HSE & Training Superintendent VICO Indonesia.


Untuk menanggulangi api yang berkobar hebat seperti ini, diperlukan keahlian, keberanian dan tenaga yang handal dari personel pemadam kebakaran
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Namun berdasarkan pantauan di lapangan, sebagaian besar regu hanya memerlukan waktu dibawah 10 menit. Ada juga beberapa peserta yang meghabiskan waktu cukup lama untuk menggulung selang serta kesulitan dalam melepaskan pipa dari sambungan Y-Piece atau outlet dua arah.

Aksi ini cukup menyita waktu dan tenaga, karena diperlukan keahlian, keberanian dan tenaga dalam melakukan pemadaman. Mulai dari teknik menggelar selang, menyambung ujung selang yang satu dengan yang lainnya, memadamkan api sampai menggulung selang seperti sebelum digunakan.

Setelah melalui perjuangan yang cukup melelahkan, akhirnya keluar sebagai Juara I adalah Regu Badak Asset I, yang juga merupakan juara bertahan di ajang ini dengan waktu tercepat 4 menit 26 detik dan total nilai 353.

Sementara Juara II diraih oleh Regu Badak Asset II dengan catatan waktu 4 menit 45 detik dan total nilai 336. Sedangkan gelar Juara III diraih oleh Regu Nilam Asset dengan perolehan nilai 327.

Tim Production Coordination & Transmission (PCT) Department yang merupakan tim debutan dalam ajang ini meskipun tidak memperoleh juara namun penampilannya mampu mengundang decak kagum. Pasalnya, tim PCT Department merupakan satu-satunya tim yang bisa mengimbangi tim yang sudah sarat pengalaman. Tim ini juga termasuk peserta paling heboh karena satu-satunya peserta yang membawa supporter dengan berbagai atribut.

Dikatakan Dadang Suparman, para juara selain mendapatkan trofi juga berhak mendapakan uang pembinaan dari panitia Bulan K3 BPMIGAS–VICO Indonesia dan akan diserahkan pada malam penutupan yang rencananya digelar tanggal 28 Februari mendatang. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com