Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pos Jaga Pasar Akan Difungsikan, Pedagang Menolak

Puluhan anggota Satpol PP Kukar mendatangi pedagang yang sedang berjualan di salah satu pos jaga pasar untuk disingkirkan
Puluhan anggota Satpol PP Kukar mendatangi pedagang yang sedang berjualan di salah satu pos jaga pasar untuk disingkirkan
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 10/02/2006 23:44 WITA
Niatan Pemkab Kutai Kartanegara untuk memfungsikan kembali Pos Jaga di Pasar Tangga Arung yang selama ini dimanfaatkan pedagang sebagai wadah menggelar jualan tampaknya menemui kendala.

Pasalnya beberapa bangunan pos yang ada di Pasar Tangga Arung Tenggarong tersebut sudah lama difungsikan pedagang untuk menggelar jualan mereka.

Dalam operasi penertiban pos jaga yang dilakukan tadi pagi, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar menurunkan puluhan anggotanya ke Pasar Tangga Arung. Dengan berbekal surat perintah, para anggota Satpol PP Kukar ini meminta para pedagang yang selama ini menggunakan Pos Jaga sebagai wadah berjualan untuk segera hengkang dari tempat itu.

Namun permintaan petugas Satpol PP ditolak para pedagang yang menempati wadah tersebut. Karena mereka menilai, selain operasi ini dilakukan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, juga selama ini para pedagang telah membayar sewa tempat sekaligus retribusi kepada pihak pengelola Pasar Tangga Arung.


Para tokoh organisasi mahasiswa Kukar berdialog dengan seorang anggota Satpol PP
Photo: Yanda

Suasana tambah kisruh ketika persoalan 'bersih-bersih' pos jaga ini diketahui mahasiswa yang tergabung dalam berbagai wadah organisasi kemahasiswaan yang ada di Tenggarong seperti HMI, PMII, PII dan sejenisnya.

Dengan idealisme yang tinggi, beberapa tokoh organisasi kemahasiswaan ini lalu mendatangi markas Satpol PP yang berada di kompleks Kantor Bupati Kukar untuk menemui Kepala Satpol PP Kukar, Gimin. Karena yang dicari tidak berada di tempat, akhirnya para tokoh pemuda dan mahasiswa ini lalu diterima oleh Bambang Sugiyanto.

Kepada Bambang, Muhib bin Ali dari PMII Kukar mengatakan bahwa jika memang konsisten melakukan penertiban di Pasar Tangga Arung seharusnya dilakukan menyeluruh. "Jangan ada kesan tebang pilih dalam membenahi kesemrawutan di Pasar Tangga Arung," ujarnya.

Ditambahkannya, hal ini merupakan PR bagi Pemkab Kukar apakah ingin membenahi Pasar Tangga Arung secara tuntas atau tidak.


Salah satu Pos Jaga Pasar Tangga Arung yang masih digunakan pedagang
Photo: Yanda

Sementara Efri Novianto dari HMI Cabang Tenggarong mengakui bahwa Pasar Tangga Arung perlu dibenahi dan ditertibkan namun harus dilandasi rasa keadilan. Efri juga meminta petugas dalam menjalankan fungsinya sesuai urut-urutan prosedur.

Menanggapi hal tersebut, Bambang Sugiyanto mengatakan bahwa keasrian, ketertiban, kebersihan dan keamanan Pasar Tangga Arung perlu segera dilakukan karena berkaitan akan turunnya tim penilai pusat kebersihan kota, Adipura.

"Oleh sebab itu, tidak ada pilihan bagi kami yaitu tetap akan melaksanakan pembersihan ini. Yang jelas kami memberi waktu toleransi hingga 3 hari ke depan, lebih dari itu akan dilakukan bongkar paksa," tegasnya.

Jumlah petak yang digunakan pedagang di Pasar Tangga Arung saat ini semuanya berjumlah 1.514 petak. Dari jumlah tersebut, 500 buah merupakan petak resmi yang diizinkan pihak pengelola Pasar Tangga Arung. Sedang sisanya sekitar 1.014 unit petak adalah ilegal.

Menurut berbagai sumber di kalangan pedagang, kendati mereka menempati petak ilegal, selama ini pihak pengelola Pasar Tangga Arung tetap pemungut sewa dan retribusi. (nop/joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com