Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Investor Asal Jepang Minat Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker

Bupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan surat dukungan kepada pihak Hitachi Asia yang berminat membangun rumah sakit kanker di KukarBupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan surat dukungan kepada pihak Hitachi Asia yang berminat membangun rumah sakit kanker di Kukar
Photo: Istimewa


KutaiKartanegara.com - 26/12/2016 13:59 WITA
Sebagai bentuk dukungan terhadap investor asal Jepang yang berminat membangun rumah sakit khusus kanker di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Bupati Rita Widyasari menyerahkan letter of support atau surat dukungan kepada pihak Hitachi Ltd di Ueno, Tokyo, Jepang, Selasa (20/12) lalu.


Didampingi Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar Bambang Arwanto, surat dukungan tersebut diserahkan langsung Bupati Rita Widyasari kepada Takao Kuboniwa selaku GM Radiation Oncology System Division Hitachi Ltd di Tsukuba University Hospital.


Menurut Bupati Kukar Rita Widyasari, surat dukungan tersebut diberikan lantaran perusahaan raksasa asal Jepang itu sudah mengajukan surat pernyataan minat hampir satu tahun yang lalu. "Melihat progress-nya yang semakin konkrit, saya tentunya memberikan dukungan," ujarnya.


Ditambahkan Rita, pihak Hitachi selanjutnya akan melakukan kajian serta penjajakan untuk memasukkan teknologi PBT (Proton Beam Teraphy) ke Indonesia karena teknologi ini memerlukan kerjasama juga dengan Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit.


"Mereka butuh waktu untuk berbicara dengan konsorsiumnya mengingat ini investasi murni. Kita doakan saja agar pembangunan rumah sakit khusus kanker ini dapat terlaksana," harapnya.


Sementara dikatakan Kepala BPMPD Kukar, Bambang Arwanto, Hitachi memiliki teknologi PBT atau Proton Beam Teraphy untuk penyembuhan penyakit kanker. "PBT merupakan teknik pengobatan kanker yang paling canggih saat ini," jelasnya.


Dengan metode PBT, lanjutnya, penyakit kanker tidak lagi diobati dengan cara kemotheraphy, melainkan dengan mengikis sel kanker. Sehingga pasien pengidap kanker tidak akan mengalami kerontokan rambut dan kulit terbakar, dengan tingkat keberhasilan sampai dengan 98 persen dan waktu pengobatan hanya 1,5 bulan.


Ditambahkan Bambang, jika rumah sakit kanker ini dibangun di Kukar, maka pengelolaannya akan dikerjasamakan dengan RSUD AM Parikesit. "Pihak Hitachi tentunya akan melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran bekerjasama dengan Tsukuba University Hospital milik Hitachi. RSUD AM Parikesit juga akan menjadi mitra RS Tsukuba," terangnya.


Bambang berharap pembangunan RS kanker di Kukar dapat terwujud. "Karena ini akan menjadi rumah sakit kanker dengan metode PBT pertama di Indonesia. Lebih dari itu, Kukar kelak bisa menjadi daerah tujuan wisata kesehatan untuk mereka yang ingin mengobati penyakit kanker," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tetap Jaga Prokes, KNPI Kukar Laksanakan Rapimda dan Musda
Mutasi Kembali Berlanjut, 9 Pejabat Eselon II Tempati Posisi Baru
 
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Mitra Kukar 2-0 Kalteng Putra: Kemenangan Perdana Tim Naga Mekes
Takluk Dari Persewar, Mitra Kukar Belum Bisa Bangkit Dari Papan Bawah
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com