Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sempat Vakum 3 Tahun, Car Free Day Tenggarong Digiatkan Kembali

Setelah vakum selama 3 tahun, program Car Free Day di kota Tenggarong kembali diaktifkanSetelah vakum selama 3 tahun, program Car Free Day di kota Tenggarong kembali diaktifkan
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Bupati Rita Widyasari melakukan penarikan undian doorprize pada peluncuran CFD Tenggarong
Bupati Rita Widyasari melakukan penarikan undian doorprize pada peluncuran CFD Tenggarong
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 07/11/2016 00:07 WITA
Setelah vakum selama 3 tahun, program Car Free Day (CFD) alias Hari Tanpa Kendaraan Bermotor kembali digiatkan di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong.


Mulai aktifnya program CFD ini diluncurkan secara resmi oleh Bupati Kukar Rita Widyasari bersama para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Tenggarong, Minggu (06/11) pagi.


Adapun kawasan jalan yang digunakan untuk program CFD ini adalah Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan KH Akhmad Muksin, tepatnya dari ujung bundaran Jembatan Aji Imbut, Creative Park, hingga depan Jembatan Repo-Repo.


Program CFD sebenarnya dilaksanakan pertama kali di Tenggarong pada bulan Juni 2013. Namun kegiatan yang dipusatkan di Jalan Wolter Monginsidi kurang diminati masyarakat umum.


Lantas, Pemkab Kukar bekerjasama dengan Polres Kukar berinisiatif untuk kembali mengaktifkan CFD dengan memindahkan lokasi ke kawasan sekitar Creative Park hingga Jembatan Repo-Repo. Uji coba pun dilakukan sejak hari Minggu tanggal 23 Juli lalu.


"Pada masa uji coba sejak 3 bulan lalu itu, semua kendaraan bermotor tak diperkenankan melintas mulai pukul 06.00 WITA hingga 10.00 WITA. Semakin lama, minat masyarakat untuk berolahraga dengan memanfaatkan CFD ternyata semakin meningkat," kata Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen.


Bupati Kukar Rita Widyasari menyaksikan berbagai atraksi yang disuguhkan pada peluncuran CFD Tenggarong
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi



Bupati Rita Widyasari didampingi Dandim 0906/TGR dan Kapolres Kukar melepaskan balon menandai diluncurkannya CFD Tenggarong
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

Ditambahkan Fadillah, lokasi CFD yang berada di kawasan sekitar Creative Park hingga Jembatan Repo-Repo memang sangat mendukung dan strategis untuk dijadikan tempat berolahraga.


Di samping lalu lintasnya belum terlalu padat, lanjutnya, pemandangan sungai Mahakam dan Pulau Kumala juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk berolahraga di kawasan tersebut.


Menurut Fadillah, selain untuk melakukan kegiatan berolahraga dan aktifitas menyenangkan lainnya, CFD di Tenggarong juga sangat potensial untuk mendorong kreativitas dan peningkatan ekonomi masyarakat. Caranya, dengan mengakomodir para pelaku usaha untuk menjajakan dagangannya.


Sementara dikatakan Bupati Rita Widyasari, program CFD merupakan salah satu upaya untuk mengurangi emisi dari kendaraan bermotor yang mencemari udara, dan berakibat pada pemanasan global.


Meski dilakukan hanya beberapa jam, lanjutnya, CFD dapat mengurangi polusi, dan juga menyehatkan karena diisi dengan kegiatan berolahraga. Baik bagi yang hanya sekedar berjalan kaki bersama keluarga, atau mengisi CFD dengan kegiatan menyenangkan lainnya.


"Daerah lain sudah banyak yang menerapkan CFD. Meski kita baru memulai lagi, biar terlambat yang penting ada niat baik kita agar CFD terus berlanjut setiap hari Minggu," ujarnya.


Bupati Kukar pun mengimbau kepada warga agar tak hanya meninggalkan kendaraan bermotor saat berlangsungnya CFD, namun juga tidak merokok selama CFD. "Kita ingin udara bersih, jadi yang ikut CFD juga jangan merokok," harapnya.


Kegiatan peluncuran CFD kemarin pagi dimeriahkan pula dengan hiburan band serta kegiatan olahraga berupa senam zumba. Selain itu, juga dilakukan pengundian aneka doorprize alias hadiah hiburan bagi pengunjung yang beruntung. (win/her)


Antusiasme warga Tenggarong mengikuti kegiatan berolahraga di jalanan lewat program CFD yang digelar setiap Minggu pagi di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan KH Akhmad Muksin
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com