Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga Hulu Mahakam Sambut Operasi Pasar Murah

Warga sedang mengantri untuk mendapatkan paket kebutuhan pokok dengan harga murah yang sudah disubsidi Pemkab Kukar hingga 70%
Warga sedang mengantri untuk mendapatkan paket kebutuhan pokok dengan harga murah yang sudah disubsidi Pemkab Kukar hingga 70%
Photo: Humas Kukar/Ida

KutaiKartanegara.com - 05/01/2006 23:25 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) menggelar Operasi Pasar Murah dalam rangka Bulan Solidaritas Nasional di beberapa wilayah kecamatan se-Kukar.

Dalam Operasi Pasar Murah yang dilakukan di Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan, pada hari Selasa (03/01) dan Desa Genting Tanah, Kecamatan Kembang Janggut, pada hari Rabu (04/01) kemarin, warga dari kedua desa begitu antusias untuk membeli paket barang kebutuhan pokok dengan harga sangat murah.

Hanya dengan membayar sebesar Rp 30 ribu, warga sudah bisa mendapatkan 1 paket berisi 10 kg beras, 5 kg gula, 1 liter minyak makan, 5 bungkus garam, 2 bungkus sabun cuci, 2 bungkus teh dan 2 kaleng susu kental.

Murahnya harga paket barang kebutuhan pokok yang dijual dari Operasi Pasar Murah ini tentu saja tidak disia-siakan warga. Karena jika seluruh barang tersebut dibeli sesuai harga pasaran, maka harganya dapat mencapai Rp 111.110 per paket.

"Namun dalam kegiatan OPM BSN ini masyarakat hanya dikenai harga sebesar Rp 30 ribu atau 30% saja. Sisanya sebesar 70% disubsidi Pemkab Kukar melalui dana APBD dan sumbangan pihak ketiga," ujar Koordinator Operasi Pasar Murah Wilayah Hulu, Aji Sugito SE MM.


Koordinator Operasi Pasar Murah Wilayah Hulu, Aji Sugito SE MM, ketika melayani salah seorang pembeli paket kebutuhan pokok
Photo: Humas Kukar/Ida

Ditambahkannya, pembelian dibatasi hanya satu paket bagi satu Kepala Keluarga (KK) saja. Sedang teknis pendistribusiannya dilakukan dengan sistem kupon yang sebelumnya telah diseleksi masing-masing oleh Kepala Desa bersama Camat.

Untuk wilayah Hulu Mahakam, penerima kupon Operasi Pasar Murah di Desa Tuana Tuha berjumlah 386 KK, kemudian 385 KK di Desa Genting Tanah, serta 200 KK di Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun.

Sementara dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Bulan Solidaritas Nasional Drs Achmad Purwadi, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat miskin maupun kurang mampu berdasarkan data yang diterima dari pihak pemerintah Desa dan Kecamatan.

Karena terbatasnya dana dan waktu, kegiatan hanya dilakukan di 9 dari 18 Kecamatan di Kukar. Dari 9 Kecamatan itu, tambah Purwadi, terbagi dalam 3 wilayah yaitu Wilayah Hulu Mahakam, Wilayah Tengah dan Wilayah Pantai.

Sedang pelaksanaan kegiatan Operasi Pasar Murah ini berdasarkan Surat Mendagri No 412.25/2615/SJ tanggal 13 Oktober 2005 tentang Bulan Solidaritas Nasional tahun 2005, yang kemudian ditindaklanjuti dengan SK Bupati Kukar No 50.1/684/EK/III/2005.

Kegiatan yang sama sudah digelar di wilayah Kukar Tengah yang meliputi Desa Sabintulung (Kecamatan Muara Kaman) sebanyak 317 KK, Desa Loa Ipuh Darat (Kecamatan Tenggarong) 374 KK, Desa Sumber Sari (Kecamatan Sebulu) 405 KK.

Sedang Operasi Pasar Murah BSN di wilayah Pantai menurut jadwal kegiatan di Disperindagkop Kukar menyebutkan akan dilakukan pada pekan mendatang di Desa Sidomulyo (Kecamatan Anggana) bagi 632 KK, Kelurahan Ambarawang Darat (Kecamatan Samboja) 200 KK dan Desa Sebuntal (Kecamatan Marangkayu) 420 KK. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com