Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Demonstran Kembali Desak DPRD Bahas Anggaran 2005

Massa dari Kelompok Aksi Damai Kukar  kembali mendatangi DPRD Kukar dan mendesak para wakil rakyat segera memproses RAPBD 2005Massa dari Kelompok Aksi Damai Kukar kembali mendatangi DPRD Kukar dan mendesak para wakil rakyat segera memproses RAPBD 2005
Photo: Yanda


Syamsul Arjaman saat membacakan tuntutan KADK di DPRD Kukar
Syamsul Arjaman saat membacakan tuntutan KADK di DPRD Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 15/02/2005 09:56 WITA
Ribuan massa yang tergabung dalam Kelompok Aksi Damai Kutai Kartanegara (KADK) untuk kedua kalinya kembali mendatangi gedung DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong, Senin (14/02) kemarin, untuk mendesak DPRD agar segera membahas dan mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kukar tahun 2005.

Tidak seperti sepekan sebelumnya dimana para pengunjukrasa dari kelompok ini harus berhadapan dengan demonstran lain dari kubu yang menolak Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar, pada aksi demo kemarin siang tidak ada demonstran dari kubu anti Awang Dharma Bakti.

Namun demikian, ratusan aparat keamanan tetap disiagakan menjaga gedung DPRD Kukar tersebut. Apalagi sempat terjadi ketegangan ketika para demonstran hendak memasuki gedung karena tidak juga bertemu para wakil rakyat.


Aksi para demonstran Kelompok Aksi Damai Kukar
Photo: Yanda

Akhirnya, tiga anggota DPRD Kukar keluar menemui pengunjukrasa. Mereka adalah Marwan SP dan H Suriadi SHut dari Fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR) serta H Abdul Djabar Bukran SSos MM, anggota Fraksi Golkar yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ada 3 tuntutan yang disampaikan demonstran, yang pertama adalah agar DPRD Kukar segera menjalankan fungsinya dan membahas RAPBD Kukar tahun 2005. Kedua, mendesak DPRD menyetujui pembayaran utang Pemkab Kukar kepada rekanan/kontraktor yang selama ini belum dibayar.

Dan terakhir, mendesak anggota DPRD Kukar yang menyatakan ingin mundur dari legislatif jika SK Mendagri tentang pengangkatan Pejabat Sementara Bupati Kukar H Awang Dharma Bakti tidak direvisi agar benar-benar membuktikan pernyataannya tersebut.


Anggota DPRD Kukar Marwan SP didampingi H Abdul Jabar Bukran (kiri) dan H Suriadi SHut (kanan) ketika menghadapi demonstran
Photo: Yanda

Usai menyampaikan orasinya di teras gedung DPRD Kukar dengan penjagaan yang sangat ketat dari pihak aparat keamanan, perwakilan demonstran kemudian diajak berdialog oleh Marwan SP di Ruang Rapat Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD Kukar. Didalam ruang rapat tersebut, telah menunggu anggota DPRD Kukar lainnya yakni Ali Hamdi SAg dan Masruni Adjus SSos yang juga dari Fraksi AKR.

Setelah disepakati beberapa perwakilan yang akan bertatap muka dengan anggota dewan, ratusan massa lainnya dengan tertib menunggu diluar gedung. Selain perwakilan dari KADK, ada pula kelompok Tim 9 yang merupakan perwakilan dari pengusaha, kontraktor maupun rekanan Pemkab Kukar.

Dikatakan HM Thairy dari Tim 9, berlarutnya pembahasan RAPBD Kukar 2005 sangat dirasakan dampaknya bagi kesinambungan kesejahteraan kehidupan masyarakat khususnya rekanan Pemkab Kukar. "Macetnya pembahasan RAPBD Kukar 2005 terletak pada tidak konsistennya sebagian besar anggota DPRD Kukar dalam mengemban amanah rakyat. Mereka menolak membahas RAPBD karena Mendagri memilih Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar. Sebagai wakil rakyat, mestinya mereka konsisten dalam mengemban tugasnya. Kami meminta pertanggungjawaban para wakil rakyat di Kukar untuk segera mengatasi masalah ini," tegasnya.

Menanggapi tuntutan pengunjukrasa tersebut, dikatakan Marwan SP bahwa pihaknya akan menyampaikan aspirasi para pengunjukrasa mengenai pembahasan RAPBD 2005 kepada pimpinan DPRD Kukar. "Pemkab Kukar sebenarnya sudah mengirimkan surat kepada DPRD Kukar untuk meminta penjadwalan pengusulan RAPBD tahun 2005. Karena penjadwalan kegiatan DPRD Kukar ditetapkan melalui Panmus, maka saya akan menyampaikan aspirasi anda tersebut," ujar Marwan.

Ditambahkan pula oleh Marwan mengenai wacana pengunduran diri sebagian anggota DPRD Kukar, menurutnya pernyataan tersebut bukan lah pernyataan secara kelembagaan namun atas prakarsa masing-masing pribadi anggota yang bersangkutan. "Jadi pengunduran diri itu tidak dapat dipaksakan, tergantung keinginan dari masing-masing anggota yang menyampaikannya," demikian katanya. (win/nop/joe)


Suasana pertemuan antara anggota DPRD Kukar dengan perwakilan pengunjukrasa
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com