Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tiga Perusahaan Bentuk Konsorsium Pembangunan Bandara Khusus di Loa Kulu

Bupati Rita Widyasari ikut menandatangani MOU konsorsium percepatan bandara khusus di Kukar
Bupati Rita Widyasari ikut menandatangani MOU konsorsium percepatan bandara khusus di Kukar
Photo: Humas Kukar/Dewi

KutaiKartanegara.com - 22/05/2014 17:00 WITA
Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan bandara khusus di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), 3 perusahaan sepakat membentuk konsorsium.


Ke tiga perusahaan yang tergabung dalam konsorsium tersebut terdiri dari Perusda Tunggang Parangan selaku pemilik lahan 98 ha dan penyertaan modal dari Pemkab Kukar, PT Sinergi Nusantara Abadi (PT SNA) sebagai pemilik lahan 256 ha, dan PT Agung Surya Kencana (PT ASK) selaku investor.


Pembentukan konsorsium pembangunan bandara khusus ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOU) atau nota kesepahaman yang ditandatangani di Jakarta oleh Direktur Perusda TP Erwinsyah, Anton Budiman dari PT SNA dan Sutikno dari PT ASK, Senin (19/05) lalu.


Penandatanganan MOU ini juga disaksikan Bupati Kukar Rita Widyasari, pihak CND Global Corp selaku kontraktor pembangunan bandara. CND Global Corp sendiri merupakan mitra dari Hanjin, pemilik maskapai penerbangan Korean Air.


Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Kukar Marsidik dan Kepala Badan Penanaman Modal & Promosi Daerah (BPMPD) Kukar, Bambang Arwanto.


Adapun ruang lingkup pekerjaan yang disepakati dalam perjanjian tersebut diantaranya mempercepat proses perizinan pembangunan bandara di Kementerian Perhubungan RI, mempercepat penyelesaian dokumen penguasaan lahan, membangun bandara khusus beserta fasilitas-fasilitasnya, termasuk mengelola operasional dan perawatan bandara khusus secara bersama-sama.


Sementara itu, Bupati Kukar Rita Widyasari mengingatkan agar tim yang terlibat dalam konsorsium ini dapat segera bekerja dengan mendatangi Menteri Perhubungan RI guna memverifikasi aset tanah milik konsorsium.


Selanjutnya menindaklanjuti proses verifikasi konsorsium bandara dari Dirjen Perhubungan Udara menyangkut kriteria hukum, teknis dan keuangan dalam mengurus izin pembangunan bandara khusus, dilanjutkan dengan melakukan presentasi di Dirjenhub Udara mengenai kesiapan pembangunan bandara dan peninjauan lokasi bandara.


Menurut Rita, bandara khusus di desa Jongkang tersebut dibangun atas dasar permintaan dari pihak perusahaan yang beroperasi di Kukar, guna memudahkan perjalanan ke luar daerah.


Meski bandara yang akan dibangun nanti merupakan bandara khusus, lanjut Rita, namun dalam hal pembangunannya bandara tersebut akan bertaraf internasional.


"Bandara khusus ini akan bertaraf internasional, karena kita memliki dana besar dari investor. Ke depannya bisa saja bandara tersebut digunakan untuk umum. Saya berharap kerjasama ini dapat mempercepat pembangunan bandara sesuai kesepakatan yaitu bisa terealisasi pada tahun 2016," harapnya.


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan presentasi oleh pihak CND Global Corp selaku kontraktor pembangunan bandara khusus di Loa Kulu yang disampaikan Linny Pangemanan.


Dikatakan Linny, CND Global Corp telah berpengalaman dalam membangun sejumlah bandara internasional. Beberapa di antaranya adalah bandara Pohang, bandara internasional Muan, serta landasan pacu di bandara Gimhae (Korea Selatan), bandara internasional Luanda di Anggola, dan bandara internasional Libreville di Gabon.


"Bandara khusus yang dibangun di Kukar nanti mencontoh bandara Incheon di Korea Selatan dalam skala kecil, namun sesuai permintaan investor pembangunan bandara ini tipenya seperti bandara di Dubai," demikian katanya. (dew/win)


Linny Pangemanan (kanan) dari CND Global Corp menyampaikan presentasinya tentang rencana pembangunan bandara khusus di Kukar
Photo: Humas Kukar/Dewi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tetap Jaga Prokes, KNPI Kukar Laksanakan Rapimda dan Musda
Mutasi Kembali Berlanjut, 9 Pejabat Eselon II Tempati Posisi Baru
 
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Mitra Kukar 2-0 Kalteng Putra: Kemenangan Perdana Tim Naga Mekes
Takluk Dari Persewar, Mitra Kukar Belum Bisa Bangkit Dari Papan Bawah
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com