Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tahun 2014, Seluruh Kecamatan Sudah Terhubung Lewat Jalan Darat

Bupati Rita Widyasari menargetkan seluruh kecamatan di Kukar sudah terhubung lewat jalan darat pada tahun 2014
Bupati Rita Widyasari menargetkan seluruh kecamatan di Kukar sudah terhubung lewat jalan darat pada tahun 2014
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 14/12/2012 15:54 WITA
Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) memprioritaskan pembangunan infrastruktur dalam 2 tahun ke depan. Ditargetkan, seluruh wilayah Kukar yang terdiri dari 18 kecamatan sudah terhubung lewat jalan darat pada tahun 2014 mendatang.


Hal tersebut disampaikan Bupati Kukar Rita Widyasari dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Pembangunan Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda, Kamis (15/12) kemarin.


Dalam rapat yang dipimpin Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak itu, Rita Widyasari memaparkan proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang akan segera dituntaskan Pemkab Kukar dalam 2 tahun ini.


Dikatakan Bupati Kukar, pembangunan infrastruktur terutama jalan merupakan hal utama dalam target atau visi pembangunannya. Pasalnya, saat ini belum seluruh kecamatan di Kukar bisa dengan mudah diakses lewat jalan darat.


"Jadi jika ditanya apa target utama pembangunan kami? Saya akan menjawab pertama adalah infrastruktur, yang kedua infrastruktur, dan ketiga infrastruktur," tegas Rita.


Mengapa infrastruktur? Menurut Rita, karena tidak ada artinya jika dibangun sekolah yang bagus, rumah sakit baru, maupun pembangunan pemberdayaan masyarakat yang baik tanpa adanya infrastruktur jalan, termasuk jembatan yang memadai.


Lebih lanjut Rita memaparkan pembangunan infrastruktur yang akan segera dituntaskan dalam 2 tahun ini. Di antaranya pembangunan jembatan di kota Tenggarong dan Loa Kulu, kemudian peningkatan jalan dari Desa Jongkang menuju Jalan Jakarta di Samarinda, serta pembangunan jalan Tenggarong-Loa Kulu-Loa Janan yang tembus ke jalur Free Way.


Kemudian akan dibangun jalan penghubung dari Kecamatan Kota Bangun hingga Kecamatan Tabang lewat Jembatan Martadipura, serta jalan poros menuju Sebelimbingan, peningkatan jalan Tuana Tuha-Sebelimbingan, semenisasi jalan Hambau-Loa Sakoh-Genting Tanah di Kembang Janggut, serta pembangunan jalan Kelekat menuju Tabang. Selain itu juga direncanakan pembangunan jalan penghubung antara Kukar dengan Kutai Barat.


Selain itu, Pemkab Kukar juga akan melakukan peningkatan Jalan Lebak Mantan-Puandana-Kuyung Seberang, pembangunan 2 buah jembatan di Kecamatan Muara Muntai, serta pembangunan jalan Teratak-Muara Kaman.


Untuk memangkas jalur darat dari Tenggarong menuju Muara Badak, Pemkab Kukar akan melakukan peningkatan jalan dari Desa Teluk Dalam di Kecamatan Tenggarong Seberang menuju Desa Tanah Datar di Kecamatan Muara Badak.


Tak hanya itu, Pemkab Kukar juga akan meningkatkan jalan poros dari Kecamatan Marang Kayu menuju Muara Badak hingga Anggana, termasuk peningkatan jalan akses Menuju Jembatan Kutai Lama di Anggana.


Sementara di kecamatan Samboja akan dibangun sebuah pelabuhan, berikut pembangunan jalan akses dari pelabuhan menuju jalan poros Balikpapan-Samboja.


Selain di Samboja, juga akan dibangun sebuah pelabuhan terpadu di Kecamatan Kota Bangun, pembangunan pelabuhan di Sebulu, serta pengembangan kawasan dermaga di Anggana dan Sanga-Sanga.


"Jalan adalah urat nadi kemajuan di segala bidang. Jadi kami mengusahakan pada tahun 2014 jalan-jalan tersebut akan selesai, sehingga memudahkan akses yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat," demikian kata Bupati Kukar. (her)


Bupati Rita Widyasari saat memaparkan rencana pembangunan infrastruktur Kukar dalam Rapat Koordinas Evaluasi Pembangunan Kaltim di Samarinda
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Presiden Jokowi Video Call Dengan Anak Almarhum Pasutri yang Meninggal Akibat COVID-19
Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, Gedung PKM Disiapkan Jadi RS Lapangan
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
Ikut Musnahkan 5,6 kg Sabu dan 1 kg Ganja, Sultan Kutai Apresiasi Polres Kukar
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Askab PSSI Kukar Tetapkan Tenggarong dan Muara Kaman Juara Bersama Selekda U-20
Tanpa Adu Penalti, Tenggarong dan Muara Kaman Bermain Imbang 0-0 di Laga Final Selekda U-20
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com