Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mengenang 1 Tahun Tragedi Jembatan Kartanegara

Para anggota Mitra Mania ikut menaburkan bunga ke sungai Mahakam untuk mengenang 5 rekan mereka yang menjadi korban runtuhnya Jembatan Kartanegara pada tahun laluPara anggota Mitra Mania ikut menaburkan bunga ke sungai Mahakam untuk mengenang 5 rekan mereka yang menjadi korban runtuhnya Jembatan Kartanegara pada tahun lalu
Photo: Agri


Sumarni didampingi putranya yang masih balita diberi kesempatan untuk menabur bunga pertama kali
Sumarni didampingi putranya yang masih balita diberi kesempatan untuk menabur bunga pertama kali
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/11/2012 20:11 WITA
Hari ini, tepat satu tahun lalu, sebuah tragedi memilukan terjadi di ibukota Kabupaten Kartanegara (Kukar), Tenggarong. Jembatan Kartanegara yang menjadi kebanggaan masyarakat Tenggarong runtuh hanya dalam hitungan detik sekitar pukul 16.20 WITA.


Sebanyak 24 orang ditemukan tewas dalam tragedi ini. Bahkan 12 orang masih hilang dan belum ditemukan hingga sekarang. Sementara korban luka mencapai 39 orang.


Untuk mengenang 1 tahun tragedi runtuhnya Jembatan Kartanegara, puluhan anak muda dari berbagai kelompok tadi sore melakukan tabur bunga ke sungai Mahakam di dekat reruntuhan jembatan.



Anggota ADWINDO Kukar dengan penuh khidmat mendoakan para korban runtuhnya Jembatan Kartanegara, termasuk untuk mendiang M Fairuz, finalis Duta Wisata Kukar 2008
Photo: Agri

Mereka terdiri dari para alumni Teruna Dara Kukar yang tergabung dalam Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) Kukar, kelompok suporter Mitra Mania, komunitas Orang Indonesia (OI) Balada Orang Pedalaman (BOP) Tenggarong, serta beberapa personil grup musik The Pantjaran Nafsoe dan Kapital.


Kegiatan mengenang 1 tahun tragedi Jembatan Kartanegara tadi sore digelar secara spontan oleh para anak muda kota Tenggarong. Vokalis The Pantjaran Nafsoe, Nala Arung, yang berada di lokasi didaulat untuk memimpin kegiatan tersebut.


"Kita berada disini untuk mengenang mereka yang menjadi korban musibah runtuhnya Jembatan Kartanegara. Mari kita doakan mereka agar mendapat tempat yang layak di sisiNya," kata Nala Arung.


Suasana terasa semakin haru ketika Nala Arung membacakan sebuah puisi sedih ciptaannya sendiri. Beberapa di antara mereka yang hadir ikut larut dalam kesedihan dan menitikkan air mata.



Seminan muda Tenggarong, Nala Arung, membacakan puisi sebelum pelaksanaan tabur bunga
Photo: Agri

Salah satunya adalah Sumarni (25), istri dari mendiang Samsul bin Sahri yang menjadi korban tragedi tersebut. Usai pembacaan puisi oleh Nala Arung, Sumarni diberi kesempatan terlebih dahulu untuk menabur bunga ke sungai Mahakam. Fadil (3), buah hati Sumarni yang kini menjadi seorang anak yatim ikut menabur bunga.


"Anak saya masih sering mencari ayahnya. Jadi saya sering bawa dia ke tepian Mahakam setiap sore," ujar Sumarni yang kini bekerja sebagai THL di Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kukar.


Sementara dikatakan Sekretaris Mitra Mania, Nur Hidayat, kelompok suporter Mitra Mania merasa sangat kehilangan dengan 5 rekan mereka yang menjadi korban tragedi Jembatan Kartanegara.


"Almarhum Samsul bin Sahri juga adalah anggota Mitra Mania. Selain itu ada M Fairuz, Agus, Robiansyah dan Kaisar Roni Saputra yang turut menjadi korban," jelas pria yang akrab disapa Dayat ini.


Dayat berharap agar musibah runtuhnya Jembatan Kartanegara ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak. "Jangan sampai kejadian seperti ini terulang lagi di Kukar," demikian katanya. (win)


Puluhan anak muda kota Tenggarong dari berbagai kelompok melakukan doa bersama untuk para korban tragedi Jembatan Kartanegara
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com