Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Amien Rais Kuliah Umum Perdana di Unikarta

Stadium General oleh Amien Rais yang didampingi Ketua Yayasan Kutai Kartanegara Teguh Budiharso, Sekretaris Yayasan Erwinsyah selaku moderator, Rektor Unikarta H Syaukani HR, anggota Dewan Penyantun Unikarta Heflin Frinces dan Ketua Pembina UnikartaStadium General oleh Amien Rais yang didampingi Ketua Yayasan Kutai Kartanegara Teguh Budiharso, Sekretaris Yayasan Erwinsyah selaku moderator, Rektor Unikarta H Syaukani HR, anggota Dewan Penyantun Unikarta Heflin Frinces dan Ketua Pembina Unikarta
Photo: Yanda


Dr Amien Rais saat memberikan kuliah umum perdana dihadapan ribuan mahasiswa Unikarta
Dr Amien Rais saat memberikan kuliah umum perdana dihadapan ribuan mahasiswa Unikarta
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 15/09/2005 22:37 WITA
Ribuan mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong mengikuti Stadium General atau Kuliah Umum bertema Persaingan di Era Globalisasi dan Akselerasi Otonomi Daerah yang disampaikan Prof Dr H Amien Rais MA di Gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, Kamis (15/09) sore.

Menurut Amien Rais, tidak ada di dunia ini hubungan di antara negara-negara yang dilandasi oleh rasa belas kasihan atau ucapan terima kasih. "Kalau pun ada itu pun hanya sebatas pemanis kata atau basa basi," katanya.

Dikatakannya, hubungan belas kasih dan ucapan terima kasih itu hanya disampaikan dalam hubungan personal di antara manusia. Sedangkan hubungan antar negara didasarkan pada bagaimana menarik keuntungan seluas-luasnya dari hubungan antara negara atau berbagai negara tersebut.

Mantan Ketua MPR RI ini lalu mencontohkan seperti yang dilakukan IMF (International Monetary Fund) dan Bank Dunia yang menawarkan bantuannya ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Menurutnya, IMF dan Bank Dunia hanyalah kepanjangan dari pemilik modal yang ada di negara maju.


Ketua Pembina Unikarta H Samsuri Aspar (kanan) menyerahkan SK Anggota Dewan Penyantun Unikarta kepada Prof Dr H Amien Rais MA bersama Dr Z Heflin Frinces MSc Soc MA (tengah)
Photo: Agri

Menyinggung isu globalisasi, Amien Rais mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk lain dari reimperialisme dari negara-negara super kaya yang ingin mencengkramkan kembali kuku kekuasaannya di negara-negara miskin dan belum maju. "Jadi kita perlu waspada menyikapi globalisasi yang gencar disuarakan negara maju saat ini," tandasnya.

Menyikapi hal itu, Amien Rais meminta rakyat Indonesia lebih mandiri dan meningkatkan etos kerja yang lebih baik lagi di masa depan. "Komitmen kita saat ini adalah mampu berdiri di atas kaki sendiri," ujarnya lagi.

Sementara menyinggung tentang akselerasi otonomi daerah, guru besar di bidang Hubungan Internasional ini mengatakan bahwa otonomi daerah tergantung dari kemampuan pemimpin daerah masing-masing dalam menyikapinya. "Bila kepemimpinan di daerah memiliki kreativitas, visi dan misi yang jelas, insya Allah otonomi daerah akan berhasil," kata Amien Rais.

Menurutnya, negara maju seperti Amerika, Jerman dan Jepang dalam sistem pemerintahan daerahnya menerapkan otonomi daerah atau federal. Karena otonomi daerah memberikan ruang bagi daerah mengelola kebutuhannya sekaligus sebagai upaya pemberdayaan daerah.

Amin Rais juga mengakui tidak setuju dengan upaya pemerintah pusat untuk menarik wewenangnya yang telah diserahkan melalui otonomi daerah. "Daerah harus mempertahankan, kalau perlu orang daerah berani menegur pusat. Karena otonomi daerah sesuai dengan kehendak dari UUD 1945," demikian katanya.

Stadium General Dr Amien Rais tadi sore juga ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan tentang pengangkatan Prof Dr H Amien Rais MA bersama Dr Z Heflin Frinces MSc Soc MA sebagai anggota Dewan Penyantun Unikarta yang diserahkan langsung oleh Ketua Pembina Unikarta Drs H Samsuri Aspar MM, serta penyerahan plakat dari Rektor Unikarta Dr H Syaukani HR kepada Prof Dr Amien Rais MA. (win/nop)


Ribuan mahasiswa Unikarta saat mengikuti kuliah umum perdana oleh Prof Dr Amien Rais MA di Gedung PKM, Tenggarong Seberang, Kamis (15/09) sore
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com