Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Optimis Raih WDP di Tahun 2012

Bupati Rita Widyasari menandatangani MOU dengan BPK RI Perwakilan Kaltim tentang Pengelolaan Sistem Informasi Untuk Akses Data bersama 12 Kabupaten/Kota lainnya se-Kaltim
Bupati Rita Widyasari menandatangani MOU dengan BPK RI Perwakilan Kaltim tentang Pengelolaan Sistem Informasi Untuk Akses Data bersama 12 Kabupaten/Kota lainnya se-Kaltim
Photo: Dok. Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 01/11/2011 07:23 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) optimis akan meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2012 mendatang.


Optimisme tersebut dinyatakan Bupati Kukar Rita Widyasari usai menandatangani Nota Kesepahaman dengan BPK RI bersama 12 Kabupaten/Kota se-Kaltim lainnya, Senin (31/10) kemarin, di Samarinda.


"Insya Allah 2012 opini WDP akan kita kejar sesuai target. Tentunya hal ini tidak mudah, akan tetapi bagi saya asalkan SDM kita mau berubah mau menyiapkan semua data dan melaporkan secara baik dan tepat waktu, saya pikir tidak ada yang tidak mustahil," kata Rita.


Terkait dengan sistem keuangan, lanjut Rita, apa yang telah dianggarkan dan dikeluarkan itu harus sama dengan pemasukan yang ada. Kemudian aset yang bisa terhitung dan tidak terhitung juga harus dilaporkan semua.


"Misalnya kenapa tidak bisa terhitung, apakah hilang atau rusak atau tidak ditemukan tentunya, BPK akan mengaudit dan pasti menerima. Yang terpenting sesuai dengan pelaporan yang ada," demikian katanya.


Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) atau Nota Kesepahaman tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi Untuk Akses Data kemarin disaksikan pula Ketua BPK RI Hadi Poernomo bersama Anggota BPK lainnya, Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak, Wakil Gubernur H Farid Wadjdy, Ketua DPRD Kaltim, dan pejabat Muspida Kaltim lainnya.


Dikatakan Kepala BPK RI Hadi Poernomo, penandatanganan MOU ini merupakan langkah strategis dalam rangka mewujudkan sinergi antara BPK RI dengan para pemangku kepentingan, dalam hal ini Pemerintah Daerah.


Dalam melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara, lanjutnya, BPK RI mendapat kewenangan meminta data/dokumen kepada pihak yang diperiksa dan/atau pihak lain yang terkait.


Untuk mempermudah perolehan data/dokumen, BPK RI memprakarsai pembentukan pusat data dengan auditee melalui strategi link and match yang selanjutnya nanti akan menggabungkan data elektronik BPK RI (E-BPK) dengan data elektronik auditee (E-Auditee) untuk dapat melakukan perekaman, pengolahan, pemanfaatan dan monitoring data yang bersumber dari berbagai pihak.


"Dengan cara ini, monitoring keuangan negara akan semakin kuat. Dan pemeriksaan BPK RI akan semakin efisien dan efektif. Konsep seperti ini disebut dengan BPK Sinergi," ungkapnya.


Melalui BPK Sinergi tersebut, Hadi berharap akan memberikan manfaat yaitu mengurangi terjadinya KKN secara sistematik, mendukung optimalisasi penerimaan negara, serta mendukung efisiensi dan efektifitas pengeluaran negara.


"Apabila inisiatif BPK tersebut dapat direalisasikan, maka optimalisasi, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara akan lebih cepat terwujud sehingga diharapkan dapat dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," harapnya. (irw)


Bupati/Walikota se-Kaltim hadir di Kantor Perwakilan BPK RI Samarinda
Photo: Dok. Humas Kukar

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com