Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga Muara Badak Antusias Ikuti Pawai Pembangunan

Peserta pawai saat melintas di arena Pasar Malam yang sudah mulai digelar di wilayah Toko Lima, Desa Muara Badak IlirPeserta pawai saat melintas di arena Pasar Malam yang sudah mulai digelar di wilayah Toko Lima, Desa Muara Badak Ilir
Photo: Bastian


Para murid TK dengan busana tradisional masing-masing turut berpartisipasi dalam pawai pembangunan
Para murid TK dengan busana tradisional masing-masing turut berpartisipasi dalam pawai pembangunan
Photo: Bastian

KutaiKartanegara.com - 20/08/2005 00:44 WITA
Meski sempat diguyur hujan lebat, namun animo masyarakat Muara Badak untuk mengikuti pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-60 tetap berlangsung semarak, Kamis (18/08) lalu.

Begitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Muara Badak Naisah Rachman mengibarkan bendera start pada pukul 13.00 WITA, spontan peserta pawai yang dibalut dengan aneka busana daerah langsung melenggang untuk menapaki jalan mulai dari Desa Tanjung Limau hingga ke lapangan sepakbola Muara Badak Ulu yang berjarak sekitar 5 km.

Di sepanjang jalan yang dilewati, warga dengan antusias dan penuh suka-cita menonton pawai pembangunan tersebut. Tak terkecuali Camat Muara Badak Hj Rusmina SH MAP yang menyaksikan pawai dari panggung kehormatan.

Beraneka macam gaya dan atraksi ditampilkan para peserta pawai yang terdiri dari kalangan pelajar dari tingkat TK hingga SLTA, lembaga pemerintahan, organisasi kepemudaan serta kalangan masyarakat umum tersebut. Mulai dari barisan peserta berbusana adat dari Sabang sampai Merauke, pejuang, petani, nelayan, cheerleaders, hingga kendaraan hias roda dua maupun roda empat.


Camat Hj Rusmina (kiri) sedang menaruh uang ke dalam topi pengamen dadakan dari DKR Pramuka Muara Badak
Photo: Bastian

Yang paling cerdas dalam memanfaatkan peluang adalah barisan DKR (Dewan Kerja Ranting) Pramuka Muara Badak yang mengkampanyekan gerakan anti narkoba dengan cara mengamen. Ketika sampai di panggung kehormatan, Camat Hj Rusmina sempat kelabakan karena tak menyangka jika seorang anggota pramuka yang berdandan ala waria dengan mengenakan kebaya yang semula hanya naik ke panggung untuk bersalaman ternyata disusul oleh 4 orang rekannya sambil menyanyikan lagu Kebyar-Kebyar yang dipopulerkan Gombloh.

Tiba-tiba salah seorang membuka topi pramuka yang sudah berisi uang hasil mengamen sepanjang jalan yang dilewati. Spontan para pejabat yang berada di panggung memasukkan beberapa lembar uang ribuan ke dalam topi. Camat Hj Rusmina sempat merogoh saku berkali-kali namun dalam sakunya tidak terdapat uang. Untungnya ia teringat tasnya yang ditaruh di kursi bagian belakang, baru lah ia mengeluarkan uang dan menaruh kedalam topi tersebut sambil tertawa.

Dari hasil mengamen tersebut Ketua DKR Pramuka Kecamatan Muara Badak Subhan Nasir mengaku memperoleh uang sejumlah Rp 142.200. "uang tersebut akan kami pergunakan untuk menanggulangi kekurangan dana pada saat menggelar perkemahan dalam rangka memperingati HUT pramuka pada 14 Agustus lalu," ujarnya.


Warga Desa Persiapan Batu-Batu yang tampil membawa seekor ular phyton ini sempat membuat penonton histeris
Photo: Bastian

Lain halnya dengan kelompok kendaraan hias yang juga tak mau ketinggalan dalam memeriahkan pawai pembangunan. Salah satunya dari kelompok tani Leo Patra milik H Syarwaini. Dengan menggunakan sebuah truk yang dihias sedemikian rupa dengan menampilkan hasil panen berupa pisang, jagung dan aneka sayuran, berkali-kali warga berusaha menarik jagung yang masih dan buah-buahan lainnya karena tergoda. "Tolong jangan diambil dulu bu, soalnya pawai belum usai," ujar para penumpang truk tersebut.

Sementara dari peserta kendaraan roda dua yang turut berpartisipasi diantaranya adalah dari klub sepeda motor Ninja yang tergabung dalam Ninja Sport Club (NSC) dan Rhino Tiger Club yang melakukan aksi cukup simpatik turut dengan berkendaraan lengkap menggunakan helm standard baik pengendara maupun yang dibonceng.

Secara keseluruhan pelaksanaan pawai berlangsung tertib dan lancar. Meskipun panitia tidak mengadakan penilaian untuk menentukan pemenang bagai para peserta seperti tahun-tahun sebelumnya, namun pawai yang berlangsung sekitar 3 jam ini tetap saja menyuguhkan pemandangan dan atraksi menarik.

Menurut Ketua Panhut RI Kecamatan Muara Badak Masykur B yang didampingi Alfian selaku koordinator pawai, karena keterbatasan dana yang berhasil dihimpun maka panitia memutuskan tidak ada lagi penilaian dalam pawai.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang tetap semangat untuk menyukseskan kegiatan ini," demikian kata Masykur yang juga kepala Desa Muara Badak Ulu saat ditemui usai kegiatan pawai di gedung BPU. (bas)


Para pelajar yang berdandan ala nelayan lengkap dengan peralatannya dalam pawai pembangunan di Muara Badak
Photo: Bastian

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com