Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pelajar SMAN 1 Tenggarong Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Para peserta pelatihan jurnalistik dan para awak media yang tergabung dalam PJKPara peserta pelatihan jurnalistik dan para awak media yang tergabung dalam PJK
Photo: Agri


Kepsek SMAN 1 Tenggarong Akhmadi saat menerima kenang-kenangan dari Ketua Panitia Shahibul Muttaqin. Akhmadi berharap agar pelatihan serupa dapat berlanjut di masa-masa mendatang
Kepsek SMAN 1 Tenggarong Akhmadi saat menerima kenang-kenangan dari Ketua Panitia Shahibul Muttaqin. Akhmadi berharap agar pelatihan serupa dapat berlanjut di masa-masa mendatang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 20/02/2011 17:52 WITA
Para pelajar SMAN 1 Tenggarong ternyata sangat meminati dunia jurnalistik. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka saat mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang digagas Persatuan Jurnalis Kutai Kartanegara (PJK), Sabtu (19/02) kemarin.


Kegiatan yang dibuka Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Akhmadi ini diikuti 43 peserta, yang terdiri dari 40 siswa SMAN 1 Tenggarong plus 3 orang kru tv lokal Channel Etam.


Minat mereka terhadap jurnalistik terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan para peserta kepada sejumlah pemateri yang tak lain adalah para jurnalis dari sejumlah media yang bertugas di Kutai Kartanegara.


Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Wahidin Noor dari harian Samarinda Pos yang memaparkan tentang Sejarah Pers. Disusul Sabir Ibrahim dari harian Kaltim Post yang tampil membawakan materi Teknik Wawancara.


Kemudian ada pula materi tentang Teknik Dasar Menulis Berita oleh Guntur Marchista Sunan dari harian Express. Serta dilanjutkan dengan materi tentang Foto Jurnalistik oleh M Agri Winata dari KutaiKartanegara.com.


Yang menarik, pelatihan ini diisi pula dengan simulasi peliputan yang dipandu Rahmat Taufik dari harian Tribun Kaltim. Para peserta dibagi dalam 3 kelompok untuk mewawancarai 3 narasumber dengan topik yang berbeda. Ada yang mewawancarai narasumber tentang peristiwa kebakaran di sebuah pasar, kemudian kasus korupsi hingga musibah banjir akibat jebolnya tanggul perusahaan batu bara.


Agri Winata dari KutaiKartanegara.com saat memaparkan materi tentang Foto Jurnalistik
Photo: Adji Rully AB


Usai melakukan wawancara dalam waktu sekitar 15 menit, para 'jurnalis' ini kemudian diwajibkan segera menuliskan berita mereka dengan deadline hingga 15 menit untuk diserahkan kepada redaktur.


Johannes Jemau dari Koran Kaltim yang berperan sebagai redaktur akhirnya memutuskan bahwa berita terbaik jatuh kepada Ita Puspita Sari untuk berita bertajuk Dari Rp 1,2 M Disulap Jadi Rp 500 Juta. Atas tulisannya itu, siswi kelas XI IPA 1 itu berhak mendapatkan sebuah buku berjudul Menembus Koran.



Ita Puspita Sari menerima hadiah berupa sebuah buku dari Johannes Jemau (Koran Kaltim)
Photo: Agri

Ita Puspita Sari bukan satu-satunya peserta pelatihan yang mendapatkan hadiah. Peserta lainnya ada pula yang memperoleh hadiah dadakan dari para pemateri, mulai dari sebuah telepon seluler hingga kamera digital.


Dikatakan Ketua Panitia, M Shahibul Muttaqin dari harian Kalpost, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari insan pers di Kukar terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar.


"Kegiatan ini kita gelar dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional ke-65 yang jatuh pada 9 Februari lalu. Tema yang kita ambil adalah Bersama Pers Kita Bangun Kutai Kartanegara," ujar pria yang akrab disapa Ipul itu.


Menurut Ipul, kegiatan pelatihan bersama PJK ini melibatkan para jurnalis dari sejumlah media seperti Kaltim Post, Tribun Kaltim, Koran Kaltim, Pos Kota Kaltim, Samarinda Pos, Express, Kalpost, IDC FM, Antara News Radio, serta media online KutaiKartanegara.com dan PendidikanKukar.com.


Mewakili rekan-rekannya, Ipul mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut seperti Bupati Kukar Rita Widyasari, Bagian Humas & Protokol Setkab Kukar, DPRD Kukar, Polres Kukar, PN Tenggarong, Kejari Tenggarong, PT Jembayan Muara Bara, PDAM Tirta Mahakam, VICO Indonesia, Total E&P Indonesie dan pihak SMA Negeri 1 Tenggarong selaku tuan rumah.


Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Akhmadi menyatakan, pihaknya menyambut baik digelarnya kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Ruang Multimedia sekolah tersebut.


Menurut Akhmadi, pelatihan ini sangat berharga bagi para siswanya yang sebagian besar terlibat dalam kegiatan ekstra kurikuler Majalah Dinding Angkasa dan klub fotografi Rana Smansa.


"Saya berharap agar PJK kembali menggelar pelatihan serupa di masa-masa yang akan datang. Kami di SMAN 1 Tenggarong siap untuk kembali memfasilitasi," katanya.


Di sela-sela berlangsungnya kegiatan, Kabag Humas & Protokol SetkabKukar Sri Wahyuni menyempatkan diri untuk melihat langsung Pelatihan Jurnalistik bersama PJK.


Menurut Sri, Pelatihan Jurnalistik bagi pelajar SMA ini merupakan yang pertama kali digelar di Kukar. "Saya sendiri surprise begitu mendengar teman-teman wartawan membuat kegiatan pelatihan jurnalistik," imbuhnya.


Ditambahkannya, pers dan Humas adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki peran dan fungsi hampir sama. "Bahkan Humas seringkali mendapatkan ilmu dari para wartawan. Sehingga saya sangat mendukung kegiatan ini," demikian katanya. (win)


Suasana 'konferensi pers' oleh Azhari Hafid (Kaltim Post) selaku narasumber terkait terungkapnya sebuah kasus korupsi
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com