Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82
Bangun Karakter Pemuda Yang Kokoh

Suasana peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagiSuasana peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagi
Photo: Humas Kukar/Betty


KutaiKartanegara.com - 28/10/2010 19:49 WITA
Hari Sumpah Pemuda ke-82 yang jatuh pada hari ini diperingati dalam sebuah upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, Kamis (28/10) pagi.


Upacara yang dipimpin Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf ini diikuti pula jajaran Muspikab Kukar, kepala dinas/instansi, personil TNI, Polres Kukar, pegawai di lingkungan Pemkab Kukar, Ormas/OKP serta para pelajar di kota Tenggarong.


Upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-82 diawali dengan pengibaran Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, UUD 1945 serta pembacaan ikrar Sumpah Pemuda yang diikuti seluruh peserta upacara.


Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Andi Mallarangeng dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan HM Ghufron Yusuf mengatakan, Hari Sumpah Pemuda selalu memicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia.


"Setiap tahun kita berkesempatan merasakan kembali tekad, semangat, dan harapan pemuda-pemudi di zaman pergerakan itu akan Indonesia yang bersatu, satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa Indonesia," ujarnya.


Oleh karena itu, lanjutnya, pemuda Indonesia terus tumbuh berkembang mengisi hari ini dan membangun masa depan bangsa dengan karya, kreativitas, serta semangat kemajuan dan kebersamaan.


Terkait tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 yakni Bangun Karakter Pemuda Demi Bangsa Indonesia Yang Maju dan Bermartabat, menurut Menpora hal itu mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.


"Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.


Upacara peringatan Sumpah Pemuda di Kukar dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba, di antaranya Lomba Tata Upacara Sekolah, Lomba Peraturan Baris Berbaris, Lomba Gerak Jalan antar SMA/SMK/MA se-Tenggarong yang dilaksanakan oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kukar.


Untuk Lomba Tata Upacara Sekolah, peringkat 1 diraih SMAN 3 Unggulan Tenggarong, peringkat kedua SMK YPK Tenggarong dan peringkat ketiga diraih oleh SMAN 2 Tenggarong.


Kemudian untuk Lomba PBB putra, Juara I diraih SMAN 3 Unggulan, Juara II SMAN 1 Tenggarong dan Juara III SMKN 2 Tenggarong. Sementara untuk kelompok putri, Juara I dari SMAN 1 Tenggarong, Juara II SMAN 3 Unggulan Tenggarong, dan Juara III SMK YPK Tenggarong.


Sedangkan untuk Lomba Gerak Jalan Putra, Juara I diraih SMAN 1 Tenggarong, Juara II SMAN 3 Unggulan Tenggarong, dan Juara III diraih MAN Unggulan Tenggarong. Dan untuk kategori putri, Juara I disabet SMAN 1 Tenggarong, Juara II SMAN 3 Unggulan Tenggarong dan Juara III diraih SMA YPK Tenggarong. (bet)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tetap Jaga Prokes, KNPI Kukar Laksanakan Rapimda dan Musda
Mutasi Kembali Berlanjut, 9 Pejabat Eselon II Tempati Posisi Baru
 
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Mitra Kukar 2-0 Kalteng Putra: Kemenangan Perdana Tim Naga Mekes
Takluk Dari Persewar, Mitra Kukar Belum Bisa Bangkit Dari Papan Bawah
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com