Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diluncurkan November 2010
Pelajar Kembang Janggut Terbitkan Mengukir Jejak

Salah seorang pelajar SMAN 1 Kembang Janggut menceritakan kisahnya melalui kegiatan SCM di sekolah tersebut
Salah seorang pelajar SMAN 1 Kembang Janggut menceritakan kisahnya melalui kegiatan SCM di sekolah tersebut
Photo: Hanafi

KutaiKartanegara.com - 16/10/2010 12:31 WITA
Kreatifitas remaja di daerah ini bertambah lagi. Sejumlah pelajar yang tergabung dalam Study Club Menulis (SCM) di SMA Negeri 1 Kecamatan Kembang Janggut, menerbitkan buku yang diberi judul Mengukir Jejak.


Buku yang diterbitkan ini berkat kerjasama SCM SMA Negeri 1 Kembang Janggut dan penerbit Riview Jakarta. Buku Mengukir Jejak merupakan catatan-catatan sederhana para remaja yang bercerita tentang keseharian mereka.


Mereka menceritakan semangat berjuang menuntut ilmu, meski berada di tengah keterbatasan hidup. Serta beberapa tulisan tentang Palestina yang turut membuat tangan mereka bergerak untuk mencurahkan isi hati mereka.


Buku yang diberi kata pengantar oleh Nala Arung, seorang penulis dan pekerja seni Kukar ini seolah jadi jawaban atas kerisauan banyak pihak mengenai minat dan bakat menulis remaja di daerah ini.


Sejumlah remaja mengukirkan tulisan mereka di buku setebal 160 halaman ini. Dengan sedikit berani, mereka yang berada di daerah pedalaman ini menyentil tentang kehidupan kota yang glamor, serta pendidikan di tempat mereka yang terkucilkan.


Meski demikian mereka tak berkurang semangatnya dalam mengejar cita-cita. Kekurangan guru serta fasilitas sekolah tidak menjadikan mereka putus asa untuk terus sekolah. Justru api semangat kian berkobar.



Buku Mengukir Jejak yang merupakan kumpulan kisah para pelajar SMAN 1 Kembang Janggut akan diluncurkan November mendatang
Photo: Hanafi

Dikatakan pembina SCM sekaligus editor dalam buku Mengukir Jejak, Hanafi SPdI, buku yang sebentar lagi akan diluncurkan itu adalah bukti bahwa remaja di daerah terpencil pun dapat mengembangkan kreatifitasnya.


SCM yang dikembangkannya telah berdiri sejak tiga tahun yang lalu. Baru pada tahun 2010 ini mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan buku karya para anggotanya.


Hanafi yang juga wakil ketua Forum Lingkar Pena wilayah Kalimantan Timur serta pengajar di SMA Negeri 1 Kembang Janggut ini mengatakan bahwa sebenarnya banyak minat serta bakat yang dimiliki oleh remaja, khususnya remaja atau pelajar di daerah-daerah terpencil. "Hanya saja wadah untuk mengembangkan kreatifitas para remaja sangat kurang. Sehingga banyak remaja yang kemudian tidak melakukan apa-apa untuk mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki," ungkap Hanafi.


Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala SMAN 1 Kembang Janggut, Drs Syaiful Islam. Menurutnya banyak pelajar yang memiliki bakat-bakat yang luar biasa. Namun sering terkendala minimnya pembinaan serta dana. Sehingga banyak pelajar atau remaja yang tidak terbina secara berkesinambungan.


Untuk itulah sebagai kepala sekolah ia pun menjembantani kegiatan SCM dengan memberikan dukungan dana untuk menerbitkan buku Mengukir Jejak tersebut. Baginya, kegiatan-kegiatan SCM sangat memberikan manfaat bagi pelajar di sekolahnya. "Pelajar memiliki kesibukan yang positif, sehingga hasil yang mereka dapatkanpun bermanfaat bagi mereka," ungkap Syaiful Islam.


Buku Mengukir Jejak yang merupakan prestasi pelajar daerah terpencil ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi remaja di daerah ini. Boleh jadi buku Mengukir Jejak ini adalah buku pelajar pertama yang pernah terbit di kabupaten Kutai Kartanegara. Sehingga patut mendapatkan apresiasi bagi pelajar serta masyarakat Kukar. Mengingat prestasi menulis di kalangan pelajar Kukar pada saat ini masih sangat kurang.


Rencananya buku Mengukir Jejak akan diluncurkan pada bulan Nopember 2010. Diharapkan buku ini mendapat respon positif dari masyarakat Kukar. "Harapan kami, buku ini adalah awal bagi pengembangan prestasi menulis para remaja di daerah ini. Buku inipun tidak asal jadi, karena kami sangat selektif dalam menyeleksi tulisan-tulisannya. Jadi kami juga memperhatikan kualitas tulisan mereka," ucap Hanafi.


Hanafi serta pengurus FLP Kaltim saat ini juga tengah menggiatkan kreatifitas menulis di kalangan anak muda di Kaltim. Beragam pengembangan serta program telah disusun untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi anak-anak dan remaja. FLP Kids serta SCM adalam program yang telah berjalan, serta membuahkan beragam prestasi kepenulisan. (win)


Para remaja yang tergabung dalam SCM SMAN 1 Kembang Janggut menuangkan kisah-kisah mereka dalam Mengukir Jejak
Photo: Hanafi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com