Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aman dan Tertib, Aksi Damai Peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia di Kukar

Wakil Ketua DPRD Kukar Marwan meminta kepada seluruh komponen masyarakat dan mahasiswa untuk mengawasi indikasi terjadinya korupsi di KukarWakil Ketua DPRD Kukar Marwan meminta kepada seluruh komponen masyarakat dan mahasiswa untuk mengawasi indikasi terjadinya korupsi di Kukar
Photo: Agri


Ketua HMI Tenggarong, Ahmadin, menyerahkan rekomendasi penyelesaian kasus Bank Century kepada Wakil Ketua DPRD Kukar Marwan
Ketua HMI Tenggarong, Ahmadin, menyerahkan rekomendasi penyelesaian kasus Bank Century kepada Wakil Ketua DPRD Kukar Marwan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/12/2009 20:52 WITA
Tiga aksi damai oleh sejumlah elemen mahasiswa dan masyarakat mewarnai peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia yang jatuh pada hari ini di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong.


Aksi pertama dilakukan sekitar 50 orang kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tenggarong yang digelar di bundaran Jembatan Aji Imbut dan DPRD Kukar sekitar pukul 10.00 WITA.


Sambil membawa spanduk dan poster serta membagi-bagikan selebaran kepada warga yang melintas, para kader HMI melakukan orasi menyoroti penegakan hukum atas kasus korupsi yang terjadi di tingkat nasional hingga Kukar pada khususnya.


Saat melakukan aksi di DPRD Kukar, para kader HMI Tenggarong diterima Wakil Ketua DPRD Kukar Marwan, Abdul Sani dan H Ibrahim Ilyas.


"Kami meminta kepada partai politik untuk memecat Anggota DPRD yang terlibat kasus korupsi, penambangan ilegal hingga penyalahgunaan bansos," seru salah seorang kader HMI.


Kader HMI juga meminta kepada DPRD Kukar untuk meneruskan rekomendasi HMI Tenggarong terkait kasus penyelewengan dana Bank Century kepada Pemerintah Pusat.


Menanggapi hal itu, Marwan berjanji akan menindaklanjuti aspirasi terkait peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia. "Paling lambat hari Senin sudah akan kami sampaikan pernyataan resmi dari Dewan," ujar Marwan.


Aktivis PMII Metro Kukar melakukan aksi berbaring di trotoar sebagai simbol lemahnya masyarakat bawah yang tertekan oleh tindakan korupsi
Photo: Agri




Salah seorang petugas kepolisian ikut membubuhkan tanda tangan di atas spanduk yang dibawa PMII Metro Kukar sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan anti korupsi
Photo: Agri

Hanya beberapa saat setelah HMI Tenggarong membubarkan diri, giliran kader PMII Metro Kukar yang berjumlah 15 orang menggelar aksi damai peringatan Hari Anti Korupsi di DPRD Kukar.


Sebelum memasuki gedung DPRD Kukar, para kader PMII Metro Kukar sempat melakukan aksi berbaring di trotoar. Aksi serupa juga mereka lakukan di teras depan gedung DPRD Kukar.


Menurut salah seorang pengunjukrasa, aksi berbaring tersebut merupakan gambaran dari kondisi masyarakat Indonesia saat ini yang masih berada di bawah karena tertekan oleh tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme.


Selain itu, PMII Metro Kukar juga membawa sebuah spanduk putih yang telah dibubuhi puluhan tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia. Mereka pun meminta kepada petugas kepolisian maupun Anggota DPRD Kukar seperti Marwan, Baharuddin Demu, Sabir Nawir dan Abubakar HAS untuk ikut membubuhkan tanda tangannya.



Aksi teatrikal mewarnai aksi damai yang dilakukan Koalisi Peduli Anti Korupsi tadi sore
Photo: Agri

Aksi damai peringatan Hari Anti Korupsi di kota Tenggarong kembali berlanjut hingga sore hari. Kali ini aksi damai dilakukan oleh puluhan aktivis dari Koalisi Peduli Anti Korupsi (KAPPAK) di bundaran Jembatan Aji Imbut dan di sekitar Jembatan Kartanegara.


"Aksi damai di jalanan ini kami lakukan untuk menggugah masyarakat untuk ikut peduli memberantas korupsi di daerah kita," ujar Novian Andri selaku Koordinator Aksi KAPPAK.


Ditambahkan Novian, aksi ini melibatkan sejumlah elemen masyarakat dan mahasiswa yang ada di Kukar, seperti PC PMII Kukar, PC KAMMI Kukar, BEM FKIP Unikarta, BEM FAI Unikarta, UKM Formasi Unikarta dan LSM GEPAR.


Aksi damai KAPPAK tadi sore diwarnai pula dengan aksi teatrikal yang menggambarkan tidak berdayanya masyarakat kecil oleh tindakan koruptor yang tak tersentuh oleh hukum. (win)


Koalisi Peduli Anti Korupsi saat melakukan aksi damai di bundaran Jembatan Aji Imbut, Tenggarong
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com