Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Koalisi 32 Parpol Tuntut Netralitas Penyelenggara Pemilu

Suasana aksi damai Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu di KPU Kabupaten Kukar tadi siangSuasana aksi damai Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu di KPU Kabupaten Kukar tadi siang
Photo: Agri


Asisten III Setkab Kukar HM Imron (kanan) saat menerima pernyataan sikap dari Helmi Kurniawan
Asisten III Setkab Kukar HM Imron (kanan) saat menerima pernyataan sikap dari Helmi Kurniawan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 02/04/2009 18:56 WITA
Puluhan Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun kader dari 32 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2009 di Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini melakukan aksi damai di Tenggarong.


Ada 3 tempat aksi yang menjadi sasaran aksi para caleg/kader yang tergabung dalam Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu itu. Pertama adalah Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kukar, kemudian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kukar, dan terakhir Kantor Bupati Kukar.


Dalam aksi damai tersebut, Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu menuntut kepada institusi penyelenggara dan pengawas Pemilu, termasuk Pemkab Kukar, untuk bersikap netral dan adil terhadap seluruh parpol peserta Pemilu 2009.


"Kami ingin Pemilu Legislatif 9 April mendatang berlangsung jujur, adil dan demokratis," seru Ketua Presidium Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu, Helmi Kurniawan, dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).


Kepada Panwaslu Kukar, pihak Koalisi 32 Parpol menuntut agar semua pelanggaran yang dilakukan semua peserta Pemilu dapat dituntaskan tanpa ada intervensi dari parpol sesuai ketentuan hukum yang berlaku.


Sementara Bo Himang dari Partai Demokrasi Pembaruan dalam orasinya mengatakan, pihaknya menemukan adanya indikasi praktek money politic atau politik uang di lapangan serta upaya pemenangan terhadap parpol tertentu.


"Kita tidak ingin Caleg Terpilih nanti adalah mereka-mereka yang melakukan praktek money politic. Karena itu kita ingin ada kesepakatan agar Pemilu ini berlangsung dengan jujur dan adil serta menjunjung azas demokrasi," tegasnya.


Ketua Panwaslu Kukar Limina Ibrahim berjanji akan memproses laporan-laporan pelanggaran Pemilu sepanjang ada bukti kuat beserta saksi
Photo: Agri



Bo Himang dari Partai Demokrasi Pembaruan saat berorasi di KPU Kukar
Photo: Agri

Dalam aksinya di tiga tempat berbeda tersebut, Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu menyerahkan pernyataan sikap yang harus ditandatangani pihak terkait.


Di Panwaslu Kukar, pernyataan sikap tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Panwaslu Limina Ibrahim bersama 2 anggotanya yakni Hero Suprayetno dan Lukman.


Di Sekretariat KPU Kukar, para caleg/kader dari 32 Parpol ini diterima Anggota KPU Kukar, Misran. Misran menyambut baik komitmen dari Koalisi 32 Parpol untuk menyukseskan Pemilu 2009 dengan jujur dan adil.


"Karena kesuksesan Pemilu bukan saja menjadi beban KPU, namun juga menjadi kewajiban seluruh WNI untuk melaksanakan pesta demokrasi ini dengan sebaik-baiknya," ujar Misran.


Terkait lembar pernyataan sikap dari Koalisi 32 Parpol yang mesti ditandatangani KPU Kukar, Misran meminta kepada mereka untuk datang kembali pada besok Jum'at (03/04) besok, pukul 08.00 pagi.


"Sepekan menjelang Pemilu 2009 ini kami mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan. Kalau besok pagi, Insya Allah Ketua dan Anggota KPU Kukar lainnya ada di sini sehingga bisa menandatangani pernyataan sikap itu," imbuhnya.


Sedangkan saat menggelar aksi di Kantor Bupati Kukar, para anggota Koalisi 32 Parpol gagal bertemu Pj Bupati H Sjachruddin. Pasalnya, Pj Bupati Kukar masih berada di Samarinda untuk menghadiri pertemuan dengan Gubernur Kaltim terkait pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009.


Kendati demikian, Asisten III Setkab Kukar HM Imron saat menemui anggota Koalisi 32 Parpol berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pj Bupati Kukar H Sjachruddin.


Aksi Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu di 3 lokasi berbeda tersebut mendapat perhatian dan pengawalan yang cukup ketat dari pihak Polres Kukar.


Anggota Koalisi 32 Parpol ini terdiri dari hampir seluruh Parpol peserta Pemilu 2009. Di antaranya adalah Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Demokrat, PDP, PKS, PPP, PKB, PKP, PNI Marhaenisme dan beberapa parpol lainnya, minus Partai Golkar, PDI-P, PAN dan Partai Patriot. (win)


Gagal bertemu Pj Bupati Kukar, anggota Koalisi 32 Parpol Pemerhati Pemilu diterima Asisten III HM Imron
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com