Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mitra Kukar 5-2 PSM Makassar
Hujan Gol di Rondong Demang, Mitra Lolos ke 24 Besar

Kiper PSM Makassar Frengki Irawan gagal menyelamatkan gawangnya dari gempuran Bationo GermainKiper PSM Makassar Frengki Irawan gagal menyelamatkan gawangnya dari gempuran Bationo Germain
Photo: Yanda


Ikrom Syafii (kanan) menyumbang satu gol pamungkas bagi kemenangan Mitra Kukar atas PSM Makassar
Ikrom Syafii (kanan) menyumbang satu gol pamungkas bagi kemenangan Mitra Kukar atas PSM Makassar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 03/12/2008 22:45 WITA
Luar biasa Mitra Kukar! Tim kebanggaan Kutai Kartanegara ini membuktikan janjinya untuk kembali menekuk tim raksasa PSM Makassar pada leg kedua Babak 48 Besar Copa Indonesia 2008.


Jika di leg pertama yang dimainkan di Makassar, Sabtu (29/11) lalu, Mitra Kukar menumbangkan PSM Makassar dengan skor 2-0, maka di leg kedua yang dimainkan di Stadion Rondong Demang tadi sore, Mitra Kukar membungkam tim Juku Eja dengan skor telak 5-2 (1-1)!


Lima gol bagi kemenangan tuan rumah Mitra Kukar diciptakan lewat hat-trick striker asal Burkina Faso, Bationo Germain, masing-masing pada menit 16, 52 dan 61.


Sementara dua gol lainnya dipersembahkan Fery Aman Saragih lewat tendangan penalti di menit ke-86 serta lewat aksi individu Ikrom Syafii pada menit ke-90. Sedangkan dua gol bagi PSM Makassar dicetak oleh Claudio Pronetto pada menit 33 dan 64.


Dengan kemenangan keduanya itu, Mitra Kukar melangkah ke Babak 24 Besar setelah menang agregat 7-2 atas PSM Makassar. Di putaran berikutnya, Mitra Kukar akan menghadapi saudara tuanya Persiba Balikpapan.


Pergerakan Fery Aman Saragih kerap merepotkan pertahanan PSM Makassar
Photo: Agri


Bationo Germain lolos dari hadangan pemain belakang PSM sebelum membuat hattrick ke gawang PSM
Photo: Agri

Bertanding di atas lapangan becek akibat hujan yang membasahi kota Tenggarong pagi tadi, kedua tim langsung bermain dalam tempo tinggi. Serangan demi serangan silih berganti dilakukan kedua tim yang berbeda kasta itu.


Di menit ke-16, ribuan publik Tenggarong bergemuruh ketika sundulan Bationo Germain berhasil merobek gawang PSM yang dijaga Frengki Irawan, memanfaatkan umpan lambung yang diberikan Fery Aman Saragih dari sayap kiri.


Namun gelandang PSM Makassar Claudio Pronetto mampu membungkam publik tuan rumah pada menit ke-33 ketika tendangan kerasnya dari luar kotak penalti sempat membentur mistar atas hingga bersarang ke gawang Agung Prasetyo.


Semangat anak-anak asuh Raja Isa bin Raja Akram Shah semakin terpompa untuk mengejar kemenangan atas tuan rumah. Skuad PSM terus mencoba untuk menggempur pertahanan Mitra Kukar. Namun serangan dari tim Juku Eja ini kerap dikandaskan barisan pertahanan Mitra Kukar. Skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga babak turun minum.


Di babak kedua, Kacung Khoirul Munif dimasukkan menggantikan Arif Basuki. Permainan Mitra Kukar pun menjadi lebih atraktif dalam membongkar pertahanan PSM Makassar yang digalang Hamdi Hamzah dkk. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan dari berbagai lini.


Hanya selang 7 menit, Mitra Kukar kembali memperbesar keunggulan lewat tendangan bebas Bationo Germain dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur deras ke kanan gawang PSM tersebut tak mampu dijangkau kiper Frengki Irawan.


Seolah tak puas dengan gol keduanya, 9 menit kemudian, tepatnya pada menit ke-61, Bationo lagi-lagi membobol gawang PSM Makassar! Lewat kecepatannya, Bationo berhasil menembus jantung pertahanan PSM dan melepaskan tendangan keras mendatar yang gagal dihalau Frengki.


Duet Satyo Husodo dan Bationo Germain saat melakukan tekanan di jantung pertahanan PSM Makassar
Photo: Yanda


Sutikno duel di udara dengan Claudio Pronetto
Photo: Agri

Anak-anak PSM pun mencoba bangkit. Selang 3 menit kemudian, Pronetto berhasil memperkecil ketertinggalan timnya. Gawang Mitra Kukar yang kosong ditinggal Agung Prasetyo setelah berusaha menghalau bola, berhasil dimanfaatkan Pronetto dengan tendangan melambung dari luar kotak penalti.


Pertandingan pun menjadi semakin seru pada saat kedudukan menjadi 3-2 bagi keunggulan tuan rumah. Pada menit ke-67, pelatih Nus Yadera menarik Bationo Germain dan menggantinya dengan Ikrom Syafii.


Masuknya Ikrom menjadi tandem Satyo Husodo tidak membuat barisan depan Mitra Kukar menjadi lemah. Malah sebaliknya, gempuran anak-anak Mitra Kukar makin merepotkan pertahanan Pasukan Ramang.


Penjaga gawang PSM beberapa kali harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari gempuran anak-anak Mitra Kukar. Pada menit ke-86, Satyo Husodo yang berhasil mengecoh kiper Frengki Irawan melepaskan tendangan keras ke mulut gawang PSM.


Namun bola yang harusnya berbuah gol tersebut malah ditangkap pemain belakang PSM Makassar, Jayusman. Wasit Mukhlis Alifatoni langsung menunjuk titik putih memberikan hadiah tendangan penalti bagi Mitra Kukar. Tak hanya itu, wasit pun mengusir Jayusman dari lapangan setelah pemain nomor punggung 26 itu mendapat dua kali kartu kuning.



Sutikno (kanan) mencoba mengamankan bola dari Julio Lopez
Photo: Agri
Tendangan penalti bagi Mitra Kukar pun diselesaikan dengan sempurna oleh Fery Aman Saragih. Stadion Rondong Demang pun makin bergemuruh oleh ribuan pendukung tuan rumah.


Semangat anak-anak Mitra Kukar semakin berkobar untuk melumat PSM dengan gol sebanyak-banyaknya. Apalagi PSM harus bermain dengan 10 pemain di menit-menit akhir pertandingan.


Akhirnya, pesta gol di Rondong Demang berhasil ditutup dengan manis oleh Ikrom Syafii. Lewat serangan yang dibangun dari sektor kanan pertahanan PSM, Ikrom yang lolos dari hadangan pemain belakang PSM berhasil memperdaya kiper Frengki Irawan.


Skor 5-2 bagi kemenangan skuad Mitra Kukar pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan meyakinkan tersebut disambut penuh suka cita ribuan pendukung tuan rumah, termasuk para Mitra Mania serta sejumlah anggota Pusamania yang datang ke Tenggarong khusus untuk memberikan dukungan kepada Mitra Kukar. (win/nop)


Striker andalan PSM Makassar Julio Lopez mencoba melepaskan tendangan ke arah pertahanan Mitra Kukar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com