Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peringati Hari Jadi ke-15
Bintek Luncurkan Film Independen

Pembina Bintek H Syamsul Khaidir didampingi pengurus Bintek lainnya meniup 15 batang lilin menandai peringatan hari jadi kelompok teater tersebut
Pembina Bintek H Syamsul Khaidir didampingi pengurus Bintek lainnya meniup 15 batang lilin menandai peringatan hari jadi kelompok teater tersebut
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 11/08/2008 19:29 WITA
Perayaan hari jadi Bina Teater Kutai (Bintek) yang ke-15 berlangsung sederhana, Sabtu (09/08) malam lalu, di pelataran Studio Bintek, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong.


Acara yang dihadiri sejumlah tokoh dan seniman Kutai Kartanegara (Kukar) ini dimeriahkan dengan pembacaan puisi dan penampilan kelompok musik oleh anggota Bintek.


Dan yang menarik, perayaan HUT Bintek ke-15 ditutup dengan penayangan perdana sebuah film independen perdana produksi Pondok Dongeng Bintek yang disutradarai seniman M Sabir HL.



Pemeran utama film Matahari di Tanah Kutai, Unind, tampil membawakan tembang Puteri Karang Melenu yang menjadi lagu tema film indie tersebut
Photo: Agri

Film independen bertajuk Matahari di Tanah Kutai yang berdurasi sekitar 30 menit ini mendapat apresiasi yang tinggi dari para hadirin.


Menurut M Sabir HL selaku sutradara, film tersebut merupakan garapan filmnya yang pertama setelah selama puluhan tahun menggeluti dunia teater di daerah ini.


"Film independen ini berangkat dari gagasan dan niatan untuk mengangkat potensi seni budaya Kutai Kartanegara. Meski tidak ada dana, ternyata film pendek ini bisa terwujud," kata Sabir.


Menurutnya, hal ini tak lepas dari kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak seperti Plt Sekkab HM Aswin, jajaran Kantor Pusdatinkom Kukar, RSUD AM Parikesit, Dikluspora Kukar hingga pelaku teater di kota Tenggarong.



Sutradara M Sabir HL berharap agar kehadiran film tersebut dapat menggugah seniman Kukar lainnya untuk turut berkarya di bidang sinematografi
Photo: Agri

Dikatakan Sabir, konsep atau gagasan tidak akan jalan tanpa adanya niat kuat serta semangat kebersamaan dalam mewujudkan film independen ini. "Dengan semangat kebersamaan, film ini dapat diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat," imbuhnya.


Sabir mengakui bahwa masih banyak kekurangan dari garapan film perdananya itu. "Namun saya berharap agar kehadiran film ini dapat menggugah semangat anak-anak muda di Kukar untuk melakukan hal yang sama seperti saya, yakni mengangkat potensi seni budaya daerah lewat film pendek," katanya.


Sementara dikatakan pembina Bintek, H Syamsul Khaidir, pihaknya menyambut baik gagasan digarapnya film independen itu. "Karena selama ini orang mengira untuk membuat film itu harus dengan biaya besar. Tetapi sebenarnya dengan peralatan sederhana pun, misalnya kamera ponsel, kita bisa manfaatkan untuk membuat film," tandasnya.


Menurut Syamsul Khaidir, sudah saatnya generasi muda di Kukar melirik bidang sinematografi. "Jangan putus asa atau tidak berdaya karena keterbatasan. Buktinya saudara Sabir bisa melakukannya. Jika memang ada ide berharga, tinggal dijalankan saja," pesannya. (win)


Pembina Bintek Syamsul Khaidir (kanan) menyambut baik digarapnya film indie Matahari di Tanah Kutai
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com