Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mendagri HM Ma'ruf Pantau Pilkada Kukar

Mendagri HM Ma
Mendagri HM Ma
Photo: Humas Kukar/Noraida

KutaiKartanegara.com - 25/05/2005 16:38 WITA
Untuk mengetahui langsung kesiapan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung pada 1 Juni mendatang, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia H Moh Ma’ruf dan rombongan tadi pagi melakukan kunjungan kerja ke Kukar. Kedatangan Mendagri dan rombongan di Kukar ini disambut langsung Penjabat (Pj) Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Di hadapan HM Ma’ruf dan sejumlah pejabat eselon I pusat yang menyertai Mendagri, Pj Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto melaporkan bahwa Pemkab Kukar bersama KPUD, DPRD dan instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat telah siap melaksanakan Pilkada secara langsung yang diikuti 3 pasangan calon kepala daerah yakni HA Sofyan Alex-HM Irkham, H Tajuddin Noor-H Abdul Djebar Bukran dan pasangan H Syaukani HR–H Samsuri Aspar.

Dikatakannya, dari 12 tahapan Pilkada sudah 4 dilaksanakan dengan sukses. "Sedang tahapan ke-5 yaitu kampanye sedang berlangsung saat ini dan berakhir 28 Mei mendatang. Untuk tahapan ke-12 atau terakhir yaitu Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Janji direncanakan akan dilakukan 8 Juli mendatang," ujarnya.


Kedatangan Mendagri yang disambut dengan upacara adat Kutai
Photo: Joe

Hadi Sutanto mengatakan bahwa peran Pemkab dalam Pilkada selain mensosialisasikan PP No 6/2005 tentang Pilkada juga memberikan dukungan sarana dan prasarana Pilkada disamping menjaga netralitas PNS dan TNI/Polri. "Pemkab bersama instansi terkait telah berhasil menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif selama tahapan Pilkada di Kukar," demikian katanya.

Sementara Mendagri HM Ma’ruf merasa optimis pelaksanaan Pilkada di Kukar berjalan dengan baik. Menurut Mendagri, digelarnya Pilkada langsung merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mencitrakan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang menjunjung demokrasi, tertib dan aman.

Diharapkan dengan Pilkada yang damai akan menarik minat investor. "Pilkada tidak terlepas pula dari stabilitas keamanan dan politik secara nasional. Dengan Pilkada yang damai memberikan dampak pada penguatan stabilitas politik dan ekonomi bangsa Indonesia yang masih dalam kondisi terpuruk. Oleh sebab itu daerah yang melaksanakan Pilkada termasuk Kukar harus berlangsung tertib dan damai," katanya.


Ketua KPUD Kukar HM Ishack Iskandar didampingi Anggota KPUD Rinda Desianti ketika menerima Mendagri HM Ma
Photo: Joe

Ditambahkan HM Ma’ruf, saat ini ada 226 Kepala Daerah yang mengikuti Pilkada, 14 diantaranya adalah pasangan Gubernur/Wakil Gubernur. HM Ma’ruf juga mengkritik media massa yang dinilai kurang mengangkat atau memberitakan daerah yang telah siap melaksanakan Pilkada.

Menurutnya, media massa lebih banyak memberitakan Pilkada yang mengalami masalah. Dia berharap peran media massa dalam Pilkada agar lebih seimbang dan proporsional dalam pemberitaannya.

Diakuinya, dari 226 daerah yang melaksanakan Pilkada, 20 diantaranya mengalami kendala dalam pelaksanaannya. "Ternyata ke 20 daerah itu belum memahami aturan main Pilkada yang dituangkan dalam UU 32/2004 dan PP No 6/2005, yang kedua aturan itu mengatur tentang Pilkada," demikian katanya.

Hadir dalam pertemuan dengan Mendagri para Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kukar, Ketua dan Anggota KPUD, Panwas dan DPRD Kukar serta sejumlah pejabat Pemkab Kukar. Pejabat yang mengikuti rombongan Mendagri ke Kukar diantaranya Wakil Assisten Komsos Kasum TNI Rusdi SH, Deputi Operasi Kapolri Didi W, 3 anggota Komisi II DPR RI, dan sejumlah pejabat eselon I dan II serta staf ahli di lingkungan Depdagri.

Usai mengadakan pertemuan, HM Ma’ruf dan rombongan didampingi Gubernur Kaltim H Suwarna AF meninjau Markas Polres Kukar, Kantor Camat Tenggarong, Sekretariat KPUD Kukar dan berakhir di Sekretariat Tim Desk Pilkada Kantor Bupati Kukar. (joe)


HM Ma
Photo: Humas Kukar/Noraida

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com