Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kinerja PDAM Tirta Mahakam Dinilai Cukup Baik

Seorang karyawan PDAM Tirta Mahakam Kukar tengah memeriksa salah satu Instalasi Pengolah Air di Kelurahan Sukarame, Tenggarong. Badan Pengawas PDAM Kukar memberikan predikat Cukup Baik atas kinerja PDAM Tirta Mahakam dalam 4 tahun
Seorang karyawan PDAM Tirta Mahakam Kukar tengah memeriksa salah satu Instalasi Pengolah Air di Kelurahan Sukarame, Tenggarong. Badan Pengawas PDAM Kukar memberikan predikat Cukup Baik atas kinerja PDAM Tirta Mahakam dalam 4 tahun
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/08/2007 23:24 WITA
Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2003-2007 mendapat predikat Cukup Baik. Penilaian Cukup Baik ini disampaikan Ketua Badan Pengawas PDAM Kukar Samuel Robert Djukuw SE MM, Kamis (09/08) kemarin, di Tenggarong.


Menurut Samuel Robert Djukuw yang juga Asisten II Pemkab Kukar bidang Ekonomi dan Pembangunan ini, penilaian tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati No 180.188/2003 tentang Pengangkatan Direktur Umum (Dirum) dan Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Mahakam periode 2003/2007 yang berakhir tanggal 1 Agustus 2007.


Samuel yang didampingi Sekretarisnya Drs Dardiansyah MM menambahkan, dari laporan tim pengawas yang sangat komprehensif dan transparan, sangat jelas dan sesuai prosedur yang berlaku. "Sehingga dapat disimpulkan kinerja PDAM Tirta Mahakam Kukar periode 2003-2007 yang dipimpin Ir H Awang Yacoub Luthman MM memperoleh nilai Cukup Baik," ujarnya.


Ditambahkan Samuel, pihaknya melihat bahwa hasil kerja tim pengawas yang menilai semua aspek kinerja PDAM Tirta Mahakam telah terlihat secara nyata dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, ujarnya, Badan Pengawas PDAM Kukar akan mengusulkan kepada Bupati agar jabatan Dirum dan Dirtek PDAM Tirta Mahakam Kukar priode 2003-2007 layak dipertahankan.


Sementara Ketua Tim Penilai Agus Supriyono memaparkan, dalam melakukan penilaian dan evaluasi, pihaknya menggunakan beberapa indikator sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 7/1998 tentang Pengelolaan PDAM dan Permendagri No 2/2007 tentang Organisasi dan Kepegawaian PDAM.


Kemudian berpatokan pula dengan Kepmendagri No 47/1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja PDAM serta Perda No 13/2003 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja PDAM Tirta Mahakam Kukar, serta Telaahan Staf Wakil Bupati No 013/2007 tanggal 25 Juni 2007 perihal Pengangkatan Kembali Dirum dan Dirtek PDAM Tirta Mahakam Kukar untuk masa jabatan 2007/2011.


Ditambahkan Agus Supriyono, pihaknya juga melakukan penilaian lapangan terutama dalam pelayanan kebutuhan air minum kepada masyarakat. "Termasuk aspek keuangan, operasional dan aspek administrasi," katanya.


Dari aspek keuangan, tingkat kinerja keuangan PDAM Tirta Mahakam Kukar cukup fluktuatif. Misalnya tahun 2004 nilai kinerja 21,75 poin, sedangkan tahun 2005 terjadi kenaikan menjadi 34,5. Dan tahun 2006 terjadi penurunan nilai kinerja menjadi 23, 25.


"Kemudian aspek operasional dinilai hanya 2 tahun yaitu 2005-2006, dimana pada 2005 nilai kinerja 21,28 sedangkan tahun 2006 naik 28,09, sehingga dari penilaian ini terefleksi peningkatan nilai kinerja 7,66," papar Agus.


Sedangkan aspek administrasi, lanjutnya, di tahun 2004-2006, nilai kinerja 11,67 dari standar batas maksimum nilai kinerja 36. Ini berarti kinerja administrasi terencana cukup baik. "Dengan demikian kinerja PDAM Tirta Mahakam Kukar selalu berusaha meningkatkan kinerjanya dalam melayani kebutuhan masyarakat setiap tahunnya," demikian katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com