Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI
Tinjau Sekolah, Perpustakaan Hingga Asrama Atlet PON XVII

Tim Komisi X DPR RI saat meninjau Perpustakaan Daerah di Tenggarong, Selasa (24/07) kemarin
Tim Komisi X DPR RI saat meninjau Perpustakaan Daerah di Tenggarong, Selasa (24/07) kemarin
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

KutaiKartanegara.com - 25/07/2007 23:05 WITA
Dalam kunjungan kerjanya selama empat hari di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), tim Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia yang membidangi masalah Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Selasa (24/07) kemarin melakukan peninjauan ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Kunjungan sehari ke 10 anggota DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X Masduki Baidlowi itu diterima Sekkab Kukar HM Husni Thamrin bersama Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.


Selain bertatap muka dengan sejumlah pimpinan dinas/Instansi terkait, kegiatan anggota Komisi X DPR RI di Kukar ini juga dimanfaatkan untuk melakukan peninjauan langsung ke lapangan yang didampingi langsung Sekkab HM Husni Thamrin dan sejumlah pejabat lainnya.


Di antara yang mendapat perhatian anggota Komisi X DPR RI dalam peninjauan lapangan ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Kutai (YPK) Tenggarong. Di sekolah ini rombongan DPR RI diterima Kepala sekolahnya Yonathan Palinggi. Selain menanyakan proses belajar-mengajar kepada sejumlah guru, anggota DPR RI sempat berdialog panjang dengan sejumlah murid SMK YPK yang ditemui.



Rombongan Komisi X DPR RI dengan serius mendengarkan penjelasan Kepsek SMK YPK Tenggarong Yonathan Palinggi (kiri)
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

Setelah berada di SMK YPK selama satu jam lebih, peninjauan dilanjutkan ke Perpustakaan Daerah yang berada di jalan Ki Hajar Dewantara. Di tempat ini, kedatangan anggota Komisi X diterima Kepala Kantor Perpustakaan Kukar H Suryanto Anwar beserta staf.


Di tempat ini ke 10 anggota Komisi X DPR RI selain berdialog dengan H Surynto Anwar dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada pengunjung perpustakaan. Sedang anggota Komisi X lainnya juga tampak antusias memperhatikan ribuan koleksi buku dengan membolak-balik beberapa buku yang dipajang di tempat ini.


Setelah puas meninjau sarana dan prasarana pendidikan yang ada di Tenggarong, tim Komisi X kemudian diajak Sekkab Kukar Husni Thamrin meninjau Museum Negeri Mulawarman Tenggarong dan Asrama Atlet PON XVII Kaltim yang berada di Desa Teluk Dalam, Kecamatan Tenggarong Seberang.


Wakil Ketua Komisi X DPR RI Masduki Baidlowi dalam pertemuan sebelumnya dengan jajaran Pemkab Kukar mengatakan, kunjungan kerja mereka dimaksudkan untuk melihat langsung perkembangan pembangunan yang berkaitan dengan ruang lingkup tugas Komisi X, yaitu pendidikan dan kebudayaan, pemuda dan olahraga serta sektor kepariwisataan.



Sekkab HM Husni Thamrin menyerahkan cenderamata kepada pimpinan rombongan Komisi X DPR RI Masduki Baidlowi
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

"Kunjungan ini juga merupakan tindak lanjut atas presentasi Pemkab Kukar di hadapan anggota Komisi X DPR RI di Senayan (Gedung DPR RI-red) Jakarta beberapa waktu lalu," ujarnya.


Dikatakan pula bahwa kunjungan ini selain untuk menyerap aspirasi juga terkait dengan penyelesaian proses legislasi terhadap pembahasan 3 Rancangan Undang-undang (RUU) yang saat ini sedang digarap Komisi X.


Ke 3 RUU itu masing-masing adalah RUU Badan Hukum Pendidikan, RUU Perpustakaan Nasional dan Revisi RUU tentang Kebudayaan dan Pariwisata. "RUU Perpustakaan Nasional merupakan inisiatif Komisi X sedang RUU Badan Hukum Pendidikan diajukan pihak pemerintah. Diharapkan melalui kunjungan kerja ini kami dapat memperoleh masukan yang berarti bagi penyelesaian ketiga RUU tersebut," kata Masduki.


Sementara dikatakan Sekkab HM Husni Thamrin, Pemkab Kukar melalui instansi teknis telah melakukan kegiatan yang mengacu kepada pencapaian target pembangunan yang selaras dengan kebutuhan daerah maupun nasional.


Semua kegiatan itu, lanjut Husni Thamrin, terangkum dalam suatu grand strategy yang disebut program Gerbang Dayaku Tahap II, yang mana salah satu sasaran dari program tersebut adalah pada pencapaian pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. "Jadi upaya peningkatan kualitas SDM di Kukar tidak perlu diragukan lagi karena sudah menjadi salah satu prioritas pembangunan kita," demikian kata Sekkab Kukar. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com