Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

VICO Indonesia Serahkan Proyek Comdev 2004

Pj Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto secara simbolis menerima proyek comdev VICO Indonesia dari Ir Robby P Joenoes dengan disaksikan Ahmad Hamdani dari BP Migas
Pj Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto secara simbolis menerima proyek comdev VICO Indonesia dari Ir Robby P Joenoes dengan disaksikan Ahmad Hamdani dari BP Migas
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 19/04/2005 22:54 WITA
Badan Pengelola (BP) Migas melalui perusahaan migas VICO Indonesia yang beroperasi di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) menyerahkan sejumlah proyek pengembangan masyarakat atau community development (comdev) tahun 2004 senilai lebih dari Rp 5,02 milyar kepada Pemkab Kukar.

Penyerahan proyek comdev tahun 2004 tersebut dilakukan tadi siang melalui Vice President Health, Safety, Enviromental & Integrity Operations (HSE & IO) VICO Indonesia, Ir Robby P Joenoes, yang diterima secara simbolis oleh Penjabat Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto di Desa Badak Mekar, Kecamatan Muara Badak.

Adapun proyek comdev yang diserahkan tersebut terdiri dari 5 sektor masing-masing sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, fasilitas sosial dan fasilitas umum serta sektor lingkungan. Dari ke 5 sektor tersebut realisasinya sebagian besar dilakukan di wilayah operasi VICO Indonesia seperti Kecamatan Muara Badak, Marang Kayu, Anggana, Muara Jawa, Sanga-Sanga dan Samboja.


Pj Bupati Kukar ketika meninjau pameran produksi pertanian dan kerajinan hasil binaan comdev VICO Indonesia
Photo: Joe

Menurut Vice President HSE & IO VICO, Ir Robby P Joenoes, proyek comdev VICO tahun 2004 ini lebih difokuskan pada perbaikan kualitas kehidupan masyarakat seperti bidang kesehatan dan pendidikan. "Berbeda dari tahun sebelumnya dimana proyek comdev VICO Indonesia lebih diarahkan pada pembangunan infrastruktur. Karena pembangunan infrastruktur lebih tepat dilakukan oleh pemerintah, maka kami lebih memilih pada aspek peningkatan mutu sumber daya manusianya," ujar Robby.

Oleh sebab itu diakuinya, nilai comdev tahun 2004 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2003 lalu yang mencapai lebih dari Rp 8 milyar. Hal ini disebabkan pada 2004 pembangunan di sektor infrastruktur mengalami penurunan yang signifikan.


Virgin Coconut Oil yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ini ternyata sangat menarik perhatian Pj Bupati Kukar
Photo: Joe

Dijelaskan pula untuk comdev sektor pendidikan, VICO Indonesia telah memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi di Kukar, kemudian memberikan bantuan biaya pelatihan kepada ratusan guru SD hingga SLTA juga di Kukar. "Sementara di bidang kesehatan telah direalisasikan bantuan program penyuluhan dan abatisasi kepada masyarakat untuk mengurangi dampak demam berdarah di sekitar wilayah operasi," papar Robby.

Sementara Penjabat Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto mengatakan, kepedulian VICO Indonesia terhadap masyarakat dan lingkungan patut dicontoh. Menurutnya, sebagai perusahaan besar VICO Indonesia selama ini telah berhasil melakukan pembangunan wilayah sesuai dengan tuntutan dan kondisi masyarakat.

"Ke depan VICO Indonesia harus tetap konsisten dalam melaksanakan program comdev-nya, karena bila mengandalkan kemampuan pemerintah daerah maka upaya pengembangan masyarakat akan berjalan lambat," ujar Hadi Sutanto.

Dibagian lain Pj Bupati Kukar berharap agar masyarakat mendukung upaya-upaya yang dilakukan VICO Indonesia karena perusahaan ini merupakan aset negara sekaligus daerah juga penghasil devisa yang perlu dijaga dan dilestarikan eksistensinya.

Acara penyerahan comdev dari BP Migas-VICO Indonesia tadi siang disaksikan pula oleh Kepala Operasi BP Migas Wilayah Kalimantan & Sulawesi Ahmad Hamdani, pejabat Muspikab Kukar, kepala dinas/instansi Pemkab Kukar, pejabat Muspika Muara Badak serta dan sejumlah undangan lainya. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com