Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sosialisasi Kesetaraan dan Keadilan Gender
Kasus KDRT Akibat Buntunya Komunikasi

Kepala Diskencana HM Idrus Sy bersama Kepala BKKBN Kaltim Edy Purwanto dan Ketua Hiperpro Kaltim Sy Norlaila AS saat menyampaikan materinya
Kepala Diskencana HM Idrus Sy bersama Kepala BKKBN Kaltim Edy Purwanto dan Ketua Hiperpro Kaltim Sy Norlaila AS saat menyampaikan materinya
Photo: Diskencana Kukar/Hasis Husain

KutaiKartanegara.com - 14/07/2007 17:55 WITA
Sejak awal Januari 2007 hingga saat ini, di Kalimantan Timur (Kaltim) telah terjadi 933 kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Kasus KDRT yang paling dominan adalah kekerasan fisik dari suami terhadap isteri.


Hal itu diungkap Ketua Himpunan Perempuan Produktif (Hiperpro) Kaltim Sy Norlaila AS pada Sosialisasi Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) dan UU No 23/2004 tentang Penghapusan KDRT yang berlangsung di Balai Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (11/07) lalu.


Selain dalam bentuk kekerasan fisik, lanjutnya, kasus KDRT lainnya adalah dalam bentuk ekonomi dan psikis seperti suami yang senang berjudi mengakibatkan uang habis untuk berjudi, merokok, merampas harta warisan istri, tidak memberi uang belanja, mencela, memaki dan mengisolasi istri dari pergaulan masyarakat.


"Agar anggota keluarga paham mengenai kasus KDRT dan cara-cara mengatasinya, kami terus menggelar sosialisasi dan memberikan konseling," jelas Norlaila.


Sementara Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Keluaga Berencana (Diskencana) Kukar HM Idrus Sy mengatakan, kasus KDRT yang saat ini marak terjadi di berbagai tempat termasuk Kukar, merupakan akibat buntunya komunikasi antara anggota keluarga.


Ditambahkannya, tak jarang ada istri yang memendam begitu lama perasaan tidak senangnya terhadap sikap suami. "Tapi perasaan itu tak diungkapkan. Akibatnya, keharmonisan rumah tangga pun sulit terwujud. Tak jarang konflik muncul dan suami menjadi ringan tangan dan melakukan kekerasan, baik terhadap istri maupun anak-anaknya," kata Idrus.



Ratusan warga Kecamatan Tenggarong Seberang tampak antusias menyimak pemaparan dari para pemateri sosialisasi
Photo: Diskencana Kukar/Hasis Husain

Menurut Idrus, kehidupan rumah tangga akan terasa gersang bila komunikasi buntu di antara anggota keluarga. "Oleh karena itu setiap keluarga harus membina dan menciptakan komunikasi yang intens agar hal-hal yang terpendam dan mengganjal dapat dipecahkan bersama," imbuhnya.


Senada dengan Kepala Diskencana Kukar, Kepala BKKBN Kaltim Edy Purwanto yang juga menjadi pembicara mengatakan pentingnya komunikasi dalam rumah tangga.


Bagaimana membangun komunikasi tersebut? Menurut Edy adalah dengan selalu menciptakan kebersamaan, seperti makan bersama. Karena pada saat makan itu anggota keluarga dapat saling berkomunikasi menyampaikan sesuatu yang bermakna bagi keharmonisan rumah tangga.


Misalnya saja, lanjut Edy Purwanto, sang ayah dapat menasihati anak agar jangan keluyuran di malam hari dan supaya rajin belajar. Atau sebaliknya, sang anak mengungkapkan perasaannya bahwa ia tak suka dibentak. Begitu pula istri, dapat menyampaikan dan menanyakan apakah menu hari ini enak dan sesuai selera atau apakah pakaian dan dandanan sedap dipandang.


"Pokoknya banyak lagi contoh-contoh yang dapat dikomunikasikan oleh anggota keluarga. Saya sarankan agar keluarga perlu membuat jadwal pertemuan untuk membuka ruang komunikasi," katanya.


Sosialisasi KKG yang berlangsung di Tenggarong Seberang ini diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari para tokoh masyarakat, kader Keluarga Berencana (KB), generasi muda hingga pegawai di lingkungan Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang. Acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Tenggarong Suko Buono.


Kegiatan yang digarap Diskencana Kukar bekerjasama dengan BKKBN Kaltim dan Hiperpro Kaltim tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-14. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com