Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diwarnai Interupsi, Samsuri Sampaikan LKPJ Bupati Kukar Tahun Anggaran 2006

Suasana Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kukar dengan acara pokok Penyampaian LKPJ Bupati Kukar Tahun Anggaran 2006Suasana Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kukar dengan acara pokok Penyampaian LKPJ Bupati Kukar Tahun Anggaran 2006
Photo: Agri


Wabup Samsuri Aspar menyerahkan LKPJ Bupati Kukar kepada Rahmat Santoso
Wabup Samsuri Aspar menyerahkan LKPJ Bupati Kukar kepada Rahmat Santoso
Photo: Humas Kukar/Rudi

KutaiKartanegara.com - 09/07/2007 23:23 WITA
Selama kurang lebih 2 jam, Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Samsuri Aspar tadi siang menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kukar Tahun Anggaran 2006 di hadapan anggota dewan.


Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kukar dengan agenda acara Penyampaian LKPJ Bupati Kukar Tahun Anggaran 2006 ini sempat diwarnai interupsi dari sejumlah anggota dewan, baik sebelum maupun sesudah penyampaian LKPJ oleh Wabup Samsuri Aspar.


Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P, Eddy Mulawarman, langsung melakukan interupsi beberapa menit setelah Rapat Paripurna dibuka ketika Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso hendak mempersilakan Samsuri menyampaikan LKPJ tersebut.


Eddy Mulawarman yang telah membolak-balik lembaran LKPJ tersebut menilai bahwa LKPJ yang disampaikan hanya sebatas pada pelaporan penggunaan anggaran semata.



Eddy Mulawarman menyoroti tidak adanya data-data hasil pencapaian kinerja oleh Pemkab Kukar dalam LKPJ Tahun Anggaran 2006
Photo: Agri

Menurut Eddy Mulawarman, dalam LKPJ tersebut tidak ditemukan beberapa gambaran kinerja yang dilakukan Pemkab Kukar dalam tahun anggaran 2006. "Seharusnya LKPJ menyajikan indikator-indikator kemajuan daerah seperti PDRB dan tabel-tabel lain," tandasnya.


Anggota dewan lainnya yakni Marwan SP dari Fraksi Amanat Keadilan Rakyat langsung menginterupsi kepada pimpinan dewan untuk segera melanjutkan acara pokok. Menurutnya, lebih baik penyampaian LKPJ didengarkan terlebih dulu karena pembahasan bisa disampaikan lewat amsing-masing komisi.


Samsuri pun kemudian dipersilakan untuk membacakan LKPJ yang selama ini biasanya disampaikan langsung oleh Bupati H Syaukani HR. Namun, lantaran Bupati H Syaukani HR masih menjalani proses hukum di Jakarta, penyampaian LKPJ pun dilakukan Wabup Samsuri Aspar.


Dalam ringkasan LKPJ Bupati Kukar setebal 47 halaman tersebut, Wabup Samsuri Aspar melaporkan semua aspek pembangunan yang telah dilakukan seluruh dinas/instansi maupun kecamatan dengan menggunakan dana APBD tahun 2006 lalu.



Sementara Irwan Mukhlis menyoal kurang detailnya proyek-proyek di dinas/instansi yang menelan uang milyaran rupiah
Photo: Agri

"Dari target anggaran sebesar Rp 4,231 triliun pada tahun lalu, belanja pengeluaran Pemkab Kukar terealisasi hannya sebesar Rp 3,584 triliun," ujar Samsuri.


Oleh karena itu, lanjut Wabup Kukar, hingga akhir tahun lalu terdapat saldo sebesar Rp 646,754 milyar yang merupakan sisa lebih anggaran tahun 2006. "Secara administratif, sisa lebih anggaran tersebut menjadi komponen penerimaan daerah yang dimasukkan pada penerimaan daerah dalam APBD 2007," katanya.


Usai membacakan LKPJ Bupati Kukar tersebut, Wabup Samsuri Aspar secara simbolis menyerahkannya kepada Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso. Setelah itu, interupsi pun kembali berlanjut oleh Eddy Mulawarman dan Irwan Mukhlis. Keduanya sama-sama menyoroti laporan yang kurang detail dalam penggunaan APBD 2006 oleh dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar.


Ketua DPRD Rahmat Santoso kemudian kembali menegaskan kepada para anggota dewan bahwa pembahasan LKPJ akan dilakukan secara internal di DPRD. "Jadi jika ada hal-hal yang tidak berkenan, nanti kita tanyakan kepada eksekutif," ujar Rahmat Santoso sebelum menutup Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kukar. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com