Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah, Gebyar Hardiknas di Muara Badak

Danramil Muara Badak menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba
Danramil Muara Badak menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 03/05/2007 16:16 WITA
Memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2007, Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Muara Badak di Muara Badak menggelar event bertajuk Gebyar Hardiknas 2007 yang berlangsung di Lapangan Voli Mutiara '83, Desa Muara Badak Ulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Berbagai kegiatan digelar sejak 29 Maret lalu. Mulai pertandingan sepak bola, bulu tangkis, tenis meja dan sepeda santai. Kemudian lomba Cerdas Cermat, mengarang, melukis, baca puisi, hingga pidato bahasa Inggris. Acara lain yang tak kalah menarik adalah berupa Pameran dan Pentas Seni.


Para peserta pertandingan atau lomba tidak hanya diikuti kalangan pelajar SD maupun SLTA, para guru pun ikut bertanding mewakili sekolah masing-masing dalam sejumlah mata lomba.


Menurut Husain SPd selaku Ketua Panitia Hardiknas Muara Badak, pihaknya menyediakan sedikitnya 40 set piala atau 120 piala bagi para Juara 1 sampai 3. Hadiah bagi para pemenang diserahkan usai pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas 207 yang dipimpin Camat Muara Badak Hj Rusmina SH, Rabu (02/05) kemarin.


Untuk Juara Pidato Bahasa Inggris mulai dari tingkat SD hingga SLTA bahkan diundang oleh manajemen Radio Mutiara ’83 untuk melakukan dialog interaktif di radio tersebut. Sedangkan untuk juara mengarang, hasil karya para juara 1 akan diterbitkan di tabloid Mutiara Dari Badak, milik External Relations & Security VICO Indonesia.



Suasana Pameran Pendidikan yang mendapat perhatian antusias dari pelajar dan masyarakat Muara Badak
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Sejauh pengamatan, arena pameran Gebyar Hardiknas yang dibuka pada Senin (30/04) lalu senantiasa disesaki pelajar dan warga masyarakat mengingat hal semacam ini baru untuk pertama kalinya digelar di Muara Badak. Banyak hasil karya siswa yang laku terjual. Mulai dari kerajinan manik-manik, hiasan ponsel, produk makanan berupa roti sampai sapu yang terbuat dari sabut kelapa.


Ada juga yang membuat miniatur rumah mewah seperti halnya yang terdapat di stan SMPN 1 Muara Badak, yang mana bahannya berasal dari limbah atau barang bekas karton, triplek sampai kartu perdana ponsel. "Miniatur rumah tersebut dibandrol mulai harga Rp 30 ribu sampai Rp 75 ribu," ujar Kepala SMPN 1, Saharuddin SPd.


Ada juga pembuatan kompos padat yang dipamerkan, hasil praktek siswa yanag pernah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Yayasan Peduli Muara Badak (YPMB) dan BPMIGAS-VICO Indonesia beberapa waktu lalu.


"Namun hasilnya belum bisa dipergunakan karena proses pembuatannya sampai 45 hari sedangkan kompos ini baru sekitar 1 bulan," ujar Sahar didampingi dewan guru dan siswa yang lagi tugas jaga stan.


Lain halnya dengan SMPN 2 Muara Badak. Stan sekolah ini lebih banyak menampilkan tata boga seperti roti, kacang atom, dan kerupuk gadung. Yang menarik siswa SMPN 2 juga sudah bisa memproduksi VCO (Virgin Coconut Oil).


Minyak yang berwarna bening seperti air mineral tersebut dikenal sebagai minyak ajaib karena dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Produk tersebut dibandrol dengan harga Rp 25 ribu per botol kemasan 600 ml.



Seorang pelajar SMP sedang mencoba siaran lewat radio Mutiara '83 Muara Badak
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Menurut kepala SMPN 2 Muara Badak, M Yunus SPd, siswa mendapatkan ilmu cara pembuatan VCO tersebut langsung dari Ruslan yang merupakan pengusaha VCO di Muara Badak dengan merk Bunga Tanjung.


"Makanya kami belajar langsung dengan ahlinya. Karena Pak Ruslan juga belajar langsung dengan Dr Bambang Setiadji pelopor VCO di Indonesia. Ini merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan semangat kewirausahaan sejak dini," jelasnya.


Sementara di stan SDN 008 Desa Salok Palai, para siswa menampilkan produk kerajinan buatan para siswa seperti keset dan sapu dari sabut kelapa. Bentuknya mirip dengan sapu ijuk, namun warnanya kecoklatan sebagaimana warna sabut kelapa.


Guru juga tidak mau ketinggalan dalam hal pembuatan hasta karya. Seperti yang dilakukan Slamet SPd. Kepala Sekolah SDN 017 tersebut membuat ukiran naga yang artistik. Naga tersebut diukir sedang berdiri menyemburkan bola api dengan bola lampu di mulutnya.


Slamet mengaku sudah ada beberapa orang yang menanyakan berapa harga dan ingin memiliki hasil ukiran tersebut, namun dia hanya tersenyum karena dia sendiri tidak tahu berapa harganya. Slamet mengaku dalam pembuatan naga yang tingginya 1,5 meter tersebut dikerjakan selama 2 bulan.


Radio Mutiara '83 Muara Badak juga tak ketinggalan dalam menyemarakkan Hardiknas dengan membuka studio mini di lokasi pameran. Radio ini menyiarkan secara langsung suasana pameran dan aneka kegiatan yang bisa disaksikan selama pameran.


Di studio mini tersebut juga menjadi arena pembelajaran bagi pelajar yang ingin mengetahui seluk beluk dunia penyiaran. Mulai dari pengenalan alat, teknik pengoperasian sampai belajar menjadi penyiar. Tak heran studio mini radio yang mengangkasa di jalur FM 92,3 MHz ini disesaki pelajar.


Rangkaian Gebyar Hardiknas di Muara Badak juga dimeriahkan dengan jalan santai menempuh jarak 4 Km dari kampung Toko Lima, Desa Muara Badak Ilir, hingga berakhir di lokasi pameran. Jalan santai ini menyediakan beraneka macam door prize bagi peserta yang beruntung. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com