Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Halal Bi Halal Sempekat Keroan Kutai, Situs Koetai.com Diluncurkan

Penampilan tari Jepen yang dibawakan para personel Sanggar Seni Kumala turut menyemarakkan Halal Bi Halal Sempekat Keroan Kutai
Penampilan tari Jepen yang dibawakan para personel Sanggar Seni Kumala turut menyemarakkan Halal Bi Halal Sempekat Keroan Kutai
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 21/11/2006 07:56 WITA
Guna memperkenalkan potensi dan keunikan seni budaya Kutai serta sebagai media informasi dan komunikasi warga Kutai dari berbagai penjuru tanah air maupun dunia, organisasi kemasyarakatan Sempekat Keroan Kutai meluncurkan sebuah situs yang beralamat di www.koetai.com.

Peluncuran situs koetai.com ini dilakukan oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Samsuri Aspar MM di sela-sela acara Halal Bi Halal Sempekat Keroan Kutai yang berlangsung di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Senin (20/11) malam.

Turut mendampingi peluncuran situs oleh Wabup H Samsuri Aspar ini adalah Petinggi Pore (Ketua Umum-red) Sempekat Keroan Kutai Ir Awang Yacoub Luthman MM dan Ketua Panitia Pelaksana Halal Bi Halal Anita Rusdiana.


Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar (kanan) bersama Petinggi Pore Sempekat Keroan Kutai H Awang Yacoub Luthman
Photo: Agri

Menurut Petinggi Pore Sempekat Keroan Kutai H Awang Yacoub Luthman, kehadiran situs ini selain untuk memperkenalkan seni budaya Kutai juga dimaksudkan untuk memperkenalkan eksistensi Sempekat Keroan Kutai sebagai wadah berhimpun warga Kutai yang baru dibentuk pada April 2006 lalu.

Menyinggung kegiatan Halal Bi Halal yang digelar tadi malam, menurut Petinggi Pore, digelarnya kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan jalinan silaturahmi antara jajaran pengurus organisasi kemasyarakatan Kutai tersebut dan segenap elemen masyarakat lainnya serta jajaran Pemkab Kukar.

Sementara Wabup H Samsuri Aspar dalam sambutannya berharap agar masyarakat Kutai terus meningkatkan kreativitas dan kualitas sumber daya manusianya. "Jangan sampai kita menjadi penonton di daerah sendiri, oleh karena itu peningkatan kualitas SDM tak bisa dihindari," ujar Wabup Kukar.


Humas Sempekat Keroan Kutai S Fathullah saat menjelaskan latar belakang dibuatnya situsnya Koetai.com
Photo: Agri

Wabup juga mengharapkan kepada Sempekat Keroan Kutai untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah yang terangkum dalam Gerbang Dayaku Tahap II.

Wabup H Samsuri Aspar mengaku tidak terlalu bangga dengan Gerbang Dayaku jika implementasinya di lapangan masih banyak ketimpangan. "Jika kita lihat visi dan misi, serta program dalam Gerbang Dayaku sangat bagus. Namun yang paling mendasar adalah di lapangan," ujar Samsuri.

Oleh karena itu, Wabup berharap agar Sempekat Keroan Kutai juga turut mengawasi implementasi program Gerbang Dayaku. "Laporkan jika ada penyimpangan. Kami tidak segan-segan memberikan tindakan tegas terhadap pelaku penyimpangan sesuai hukum dan ketentuan yang berlaku. Karena hukum adalah panglima tertinggi di daerah kita," tegasnya.

Kegiatan Halal Bi Halal Sempekat Keroan Kutai disemarakkan dengan hiburan samrah dan lagu-lagu Islami yang dibawakan para seniman-seniwati Sanggar Seni Kumala, Tenggarong. Acara juga diisi dengan siraman rohani yang disampaikan H Masrani Idris.

Sementara dikatakan Wakil Petinggi Pore Bidang Humas dan Antar Lembaga, Sayid Fathullah, situs koetai.com yang diluncurkan tersebut menghadirkan karakter bernama Tua Jagau yang menjadi maskot situs tersebut.

Dijelaskan Sayid Fathullah yang juga Wakil Petinggi Pore Bidang Humas dan Antar Lembaga, situs ini akan banyak mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan seni budaya Kutai seperti cerita rakyat dan cerita-cerita lucu masyarakat Kutai, lagu daerah Kutai, profil Orang Kutai, resep masakan khas Kutai dan sebagainya.

"Kami menerima kontribusi atau sumbangan kisah-kisah lucu rakyat Kutai dari masyarakat. Materi kisah lucu tersebut dapat dikirimkan kepada kami melalui e-mail jagau@koetai.com. Selain itu, kami berharap saran dan masukan masyarakat Kutai untuk pengembangan situs etam ini," demikian katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com