Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bentang Utama Jembatan Kartanegara Kini Tersambung

Dengan menggunakan perahu motor, Kepala DBMSDA Kukar Ahyani Fadhianur Diani memantau proses penyambungan rangka bentang utama Jembatan Kartanegara, Kamis (11/06) soreDengan menggunakan perahu motor, Kepala DBMSDA Kukar Ahyani Fadhianur Diani memantau proses penyambungan rangka bentang utama Jembatan Kartanegara, Kamis (11/06) sore
Photo: Agri


Kepala DBMSDA Kukar Ahyani Fadhianur Diani memantau langsung proses pemasangan balok baja pertama yang menyambungkan rangka bentang sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang
Kepala DBMSDA Kukar Ahyani Fadhianur Diani memantau langsung proses pemasangan balok baja pertama yang menyambungkan rangka bentang sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 12/06/2015 08:55 WITA
Setelah sempat tertunda akibat masalah teknis, penyambungan rangka bentang utama busur pelengkung Jembatan Kartanegara akhirnya berhasil dilakukan pada Kamis (11/06) sore sekitar pukul 11.09 WITA.


Proses penyambungan busur pelengkung Jembatan Kartanegara ini disaksikan langsung Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadhianur Diani.


Ahyani didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jembatan Kartanegara, Budi Harsono, tampak begitu tegang ketika crane di atas ponton mulai mengangkat sebuah girder atau balok baja sepanjang 9 meter ke puncak busur pelengkung jembatan.


Sementara di bagian atas bentang utama sisi Tenggarong dan sisi Tenggarong Seberang telah bersiap masing-masing 3 orang pekerja yang bertugas untuk menempatkan girder tersebut di posisi yang telah ditentukan.


Raut wajah lega dan senyum pun mengembang dari wajah Ahyani dan Budi Harsono ketika balok baja tersebut akhirnya berhasil ditempatkan. "Alhamdulillah, busur pelengkung sisi hulu berhasil tersambung," ucapnya.


Para pekerja tengah memasang balok baja sepanjang 9 meter di sisi hulu bentang utama Jembatan Kartanegara
Photo: Agri


Dengan tersambungnya pelengkung sisi hulu tersebut, lanjut Ahyani, maka pekerjaan selanjutnya yakni perampungan perakian bentang utama akan lebih mudah. "Karena semua sudah pas dan tidak ada selisih seperti kemarin (Rabu-red)," ujarnya lagi.


Menurut Ahyani, pada Rabu lalu sempat terjadi ketidakseimbangan antara rangka sisi Tenggarong dengan sisi Tenggarong Seberang. "Ada selisih sebesar 1 cm, sehingga penyambungan batal dilaksanakan," jelasnya.


Namun setelah pada Kamis pagi dilakukan pengecoran lanjutan di lantai side span atau bentang pendekat di sisi Tenggarong, posisi bentang utama di kedua sisi menjadi seimbang. "Jadi penyambungan dapat dilaksanakan pada sore ini," imbuhnya.


Ditambahkan Ahyani, perakitan bentang utama busur pelengkung jembatan Kartanegara ditargetkan rampung dalam 5 hari ke depan. "Jika tak ada kendala cuaca seperti hujan atau angin kencang, perakitan segmen 26 bisa rampung dalam 5 hari," kata Ahyani.


Setelah bentang utama rampung, selanjutnya akan dilakukan perakitan lantai jembatan yang akan dimulai dari sisi Tenggarong. "Perakitan lantai jembatan sepanjang 270 meter ditargetkan rampung pada bulan Juli. Setelah itu akan dicor pada bulan Agustus. Kemudian setelah diaspal, akan dilakukan uji kelayakan terlebih dahulu sebelum jembatan ini boleh dipergunakan untuk umum," demikian ujarnya. (win)


Rangka bentang utama Jembatan Kartanegara akhirnya tersambung pada Kamis (11/06) sore pukul 17.09 WITA
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com