KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Nopember 2004

Semarak Festival Ramadhan 1425 H di Tenggarong

Assisten IV H Basran Yunus saat menabuh bedug menandai dibukanya Festival Ramadhan 1425 H Tingkat Kabupaten Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 04/11/04 22:17 WITA
Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan, Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Festival Ramadhan 1425 H Tingkat Kabupaten Kukar yang dibuka Assisten IV Pemkab Kukar Drs H Basran Yunus MM di Pasar Seni Tepian Pandan, Tenggarong, Selasa (02/11) malam lalu.

Pembukaan Festival Ramadhan yang digelar untuk ketiga kalinya ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Drs H Basran Yunus MM yang bertindak mewakili Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM.

Ketua DPD LASQI Kukar H Alimuddin Achmad dalam laporannya mengatakan, Festival Ramadhan tingkat Kabupaten Kukar kali ini berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 2 hingga 6 Nopember 2004 dan diikuti peserta dari 14 kecamatan se-Kukar yakni kecamatan Tenggarong, Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan, Kecamatan Sanga–Sanga, Muara Badak, Sebulu, Kota Bangun, Kembang Janggut, Samboja, Muara Jawa, Muara Muntai, Muara Wis, Muara Badak dan Kenohan.


H Basran Yunus menyerahkan Piala Bergilir Bupati Kukar yang sebelumnya dipegang Juara Umum tahun lalu, Muara Kaman, kepada Ketua DPD LASQI Kukar H Alimuddin Achmad untuk diperebutkan lagi pada Festival Ramadhan 1425 H
Photo: Yanda

"Adapun lomba-lomba yang dipertandingkan meliputi Lomba Solis Qasidah yang diikuti 40 orang, Lomba Baca Puitisasi Al–Qur’an yang diikiti 29 orang, kemudian Lomba Tarsulan 27 Orang, Cemarah Agama Islam 24 Orang dan Lomba Menabuh Bedug sebanyak 31 orang," ujar H Alimuddin Achmad.

Ditambahkannya, selain menggelar lomba-lomba yang diikuti para peserta dari seluruh kecamatan, DPD LASQI Kukar juga melakukan penilaian terhadap lampu pelikuran atau lampu hias yang dibagi dalam dua kategori yakni lampu pelikuran menggunakan minyak tanah dan menggunakan listrik.

"Namun penilaian atas kegiatan ini hanya untuk masyarakat kelurahan dalam Kota Tenggarong sejak tanggal 21 hingga 30 Ramadhan. Adapun peserta yang telah terdaftar mencapai 151 peserta," tutur Alimuddin Achmad.

Disamping itu panitia juga bekerjasama dengan kelompok pemuda pelajar Muara Kaman yang secara khusus melaksanakan lomba busana muslim, dengan peserta kaum muda-mudi Kota Tenggarong dan penampilannya berselang-seling dengan peserta festival lainnya. Lomba Busana Muslim ini diikuti sebanyak 46 Peserta yang terbagi dalam dua ketegori yakni perorangan dan berpasangan.

Sementara itu Bupati H Syaukani HR dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Assisten IV Drs H Basran Yunus MM berharap agar melalui festival ini akan menghasilkan seniman/seniwati qasidah yang berprestasi.

"Event ini sungguh sangat bagus untuk mengembangkan seni qasidah dan mengembangkan kreativitas yang bernuansa Islami serta semakin mempererat silaturahmi diantara umat," demikian kata Bupati H Syaukani HR seperti yang dituturkan H Basran Yunus. (nop/win)


Sajian nasyid pada pembukaan Festival Ramadhan 1425 H di Pasar Seni Tepian Pandan, Tenggarong, Selasa (04/11) malam lalu

Photo: Yanda

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.