KutaiKartanegara.com

Find:  

Pariwisata Kutai

Pasang Iklan Anda Disini

Pasang Iklan Anda Disini

 

K U T A I    K A R T A N E G A R A

T e n g g a r o n g

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman
Bangunan ini merupakan bekas keraton Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1936. Didalam museum ini dapat dilihat beraneka macam koleksi benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara, benda-benda budaya dari daerah Kutai, koleksi keramik kuno, koleksi uang kuno, dan masih banyak lagi. Museum Mulawarman terletak di Jalan Diponegoro dan dibuka setiap hari (kecuali Senin) mulai jam 08.00 hingga 16.00.

Museum Kayu
Museum Kayu terletak disekitar Waduk Panji Sukarame. Museum ini   menyajikan koleksi beraneka macam hasil hutan di Kalimantan Timur. Disamping itu juga terdapat 'monster' buaya ganas yang telah diawetkan yang penah memakan korban manusia di Sangatta, Kutai Timur.


Waduk Panji Sukarame

Waduk Panji Sukarame
Waduk Panji Sukarame adalah telaga alam yang terdapat di daerah Rondong Demang, Kecamatan Tenggarong. Telaga ini dibendung dan dijadikan waduk untuk pengairan sawah-sawah penduduk. Tempat ini cocok berekreasi di alam terbuka sambil menikmati keindahan alam disekitarnya.

Monumen Pancasila

Monumen Pancasila
Monumen ini dibangun sebagai lambang keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai dalam melaksanakan pembangunan daerah yaitu dengan diterimanya penghargaan 'Parasamya Purnakarya Nugraha' dari Presiden RI. Monumen Pancasila terletak di pusat kota Tenggarong, tepat didepan Keraton Sultan Kutai dan Masjid Agung Sultan Sulaiman. Di sekeliling monumen terdapat relief yang menggambarkan sejarah perjalanan Kutai Kartanegara semenjak jaman kerajaan hingga di era pembangunan.

Lamin di Pondok Labu

Pondok Labu
Pondok Labu merupakan sebuah perkampungan suku Dayak Benuaq yang terletak sekitar 25 km dari kota Tenggarong. Di desa ni dapat dijumpai lamin (rumah adat) suku Dayak Benuaq yang dinding-dindingnya terbuat dari kulit kayu. Hampir setiap tahun di desa ini dilaksanakan upacara adat suku Dayak Benuaq seperti Ngugu Tahun. Untuk mencapai perkampungan Pondok Labu ditempuh dengan melalui jalan Tenggarong-Kota Bangun kemudian berbelok ke kanan menggunakan jalan yang dibuat oleh perusahaan batubara PT. Multi Harapan Utama. Angkutan umum menuju Pondok Labu beroperasi setiap hari di terminal angkutan desa Pasar Tangga Arung.

Pulau Kumala
Obyek Wisata Pulau Kumala, Tenggarong
Pulau Kumala merupakan sebuah pulau kecil yang terletak ditengah-tengah sungai Mahakam di wilayah kota Tenggarong. Pulau seluas 76 ha ini kini sedang digarap untuk dijadikan salah satu obyek wisata andalan kota Tenggarong. Fasilitas yang telah rampung dan dapat dinikmati para pengunjung adalah kereta api keliling pulau, Sky Tower dimana para pengunjung dapat menikmati panorama kota Tenggarong dari ketinggian 75 meter dan cable car atau kereta gantung yang menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Pulau Kumala. Berbagai macam fasilitas yang akan dikembangkan adalah arena permainan anak dan keluarga, Aquarium Pesut Mahakam, Lamin atau rumah adat suku Dayak, cottage dan lain sebagainya. Selain menggunakan cable car, Pulau Kumala juga dapat dicapai dengan menggunakan perahu motor/ketinting yang tersedia di dermaga kota Tenggarong.

M u a r a    K a m a n

Lesong Batu

Desa Brubus
Daerah Muara Kaman merupakan bekas pusat pemerintahan Kerajaan Kutai Martadipura yang  terkenal dengan rajanya Mulawarman. Di Desa Brubus yang terletak sekitar 48 mil dari kota Tenggarong, masih dapat dijumpai sisa-sisa peninggalan kerajaan Hindu tertua di Indonesia tersebut seperti batu kepala babi, lesong batu, kubu-kubu kuno, dan lain-lain.

Photo:
Lesong batu yang masih dapat dijumpai para wisatawan di desa Brubus.

K o t a    B a n g u n

Danau Murung
Danau ini terletak di Desa Kota Bangun Ulu, Kecamatan Kota Bangun, sekitar 65 mil dari Tenggarong. Keindahan alam berupa pemandangan matahari terbit maupun matahari tenggelam dapat disaksikan di danau ini.

Danau Semayang

Danau Semayang
Danau Semayang terletak di Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, sekitar 65 mil dari Tenggarong. Di danau ini akan dapat ditemui kehidupan ikan Pesut (Orcela fluminalis), yakni sejenis lumba-lumba air tawar. Sambil menikmati keindahan alam danau ini, dapat pula kita saksikan kegiatan nelayan sedang menangkap ikan.

M u a r a    M u n t a i

Desa Jantur
Desa Jantur terletak sekitar 88 mil dari Tenggarong. Desa ini merupakan perkampungan nelayan yang mayoritas penduduknya adalah masyarakat suku Banjar. Keunikan dari perkampungan ini adalah adanya sebagian rumah-rumah yang dibangun diatas rakit dan terapung di sungai. Di desa ini dapat kita saksikan kehidupan sehari-hari masyarakat desa Jantur, seperti pembuatan ikan asin secara tradisional oleh ibu-ibu rumah tangga.


Danau Jempang
Photo: Rio Helmi

Danau Jempang
Danau Jempang merupakan danau terbesar di Kalimantan Timur (sekitar 15.000 HA). Jika berada di tengah-tengah danau pada musim penghujan, seakan-akan sedang berada ditengah lautan karena luasnya. Di danau ini dapat disaksikan kehidupan masyarakat di sekitar danau dengan perumahannya yang berderet-deret dan terapung di permukaan air.

Tanjung Isuy
Desa Tanjung Isuy mayoritas dihuni oleh masyarakat suku Dayak Benuaq. Di desa ini terdapat rumah adat Dayak 'Lamin' yang digunakan sebagai penginapan bagi para tamu/pendatang. Di desa ini dapat disaksikan upacara adat penyambutan tamu, upacara adat Belian, tari-tarian suku Dayak benuaq dan lain-lain.
Di Tanjung Isuy juga dapat ditemui kegiatan pembuatan Ulap Doyo, yakni kain tenunan dari serat doyo. Kain tenunan ini sangat digemari wisatawan karena motif dan bahannya yang alami.

Lamin Mancong
Lamin Mancong adalah sebuah lamin tua suku Dayak Benuaq. Bangunan tua yang telah dipugar oleh EHIF (Equatorial Heritage International Foundation) ini terletak di Desa Mancong, Kecamatan Jempang yang dapat dicapai melalui jalan darat atau dengan menggunakan perahu kecil menyusuri sungai Ohong yang berliku-liku dengan pemandangan alamnya yang menarik.

S a m b o j a

Wisata Alam Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai merupakan kawasan wisata alam dan petualangan yang terletak di Kecamatan Samboja, sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan dan 150 km dari Samarinda/Tenggarong. Kawasan ini merupakan bagian dari kawasan hutan hujan tropis yang dilindungi. Dalam kawasan ini terdapat jembatan tajuk (canopy bridge) yang menjadi daya tarik para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat melakukan penelitian alam dan kehutanan yang telah dilengkapi dengan fasilitas lamin untuk pertemuan, restoran serta cottage yang dapat disewa oleh pengunjung dengan menghubungi PT Inhutani Balikpapan Telp (0542) 736066 - 734644.

>> Informasi detail tentang Bukit Bangkirai

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Info Wisata Budaya

 

Museum Mulawarman

Festival Erau
Pesta adat Erau merupakan festival seni budaya dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Selain upacara adat kerajaan sebagai sajian utama event ini, juga dapat disaksikan beraneka macam pertunjukan seni budaya lokal dari suku Dayak maupun Kutai, juga kesenian tradisional nusantara maupun mancanegara.
Erau dilaksanakan pada tiap bulan September dalam rangka memperingati hari jadi kota Tenggarong. Untuk informasi lengkap mengenai Festival Erau, silakan klik disini.

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Copyright 2001-2002  KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.