Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Ganja 2,5 kg Masuk Kukar
Dua Tersangka Diciduk, Satu Oknum Honorer Masih Buron

Kapolres Kukar AKBP Mukti Juharsa didampingi Kasat Reskoba AKP Suwarno (kiri) dan Wakapolres  Kompol Winardi (kanan) menunjukkan barang bukti narkoba jenis ganja yang berhasil disita  Kapolres Kukar AKBP Mukti Juharsa didampingi Kasat Reskoba AKP Suwarno (kiri) dan Wakapolres Kompol Winardi (kanan) menunjukkan barang bukti narkoba jenis ganja yang berhasil disita
Photo: Agri


Polres Kukar menggelar konferensi pers terkait pengungkapan perdana kasus peredaran narkoba jenis ganja
Polres Kukar menggelar konferensi pers terkait pengungkapan perdana kasus peredaran narkoba jenis ganja
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/09/2014 22:03 WITA
Pengungkapan kasus narkoba di Kutai Kartanegara (Kukar) biasanya didominasi oleh sabu-sabu. Namun kali ini, Satuan Reserse Narkoba (Reskoba) Polres Kukar berhasil membekuk pengedar narkoba jenis ganja.


Ada dua pengedar besar yang berhasil diringkus. Mereka adalah AN (29), warga Jalan Pesut, Tenggarong, dan Iq (32), warga Samarinda. Sementara satu tersangka lainnya yakni JR yang merupakan seorang oknum honorer Pemkab Kukar masih jadi buronan polisi.


"Kedua pelaku ditangkap pada Selasa (23/09) malam lalu sekitar pukul 23.30 WITA. Keduanya kami tangkap di rumah AN di Jalan Pesut," kata Kapolres Kukar AKBP Mukti Juharsa didampingi Wakapolres Kompol Winardi dan Kasat Reskoba AKP Suwarno dalam konferensi pers di Tenggarong, Rabu (24/09) kemarin.


Dari pengungkapan ini, lanjut Mukti, pihaknya berhasil menyita 2,5 kg ganja. Barang bukti tersebut berupa seberat 1 kg ganja ditemukan di rumah AN di Jalan Pesut. Kemudian 1 kg lagi ditemukan di sebuah kamar kos rekan mereka yakni JR yang berada di Jalan Danau Lipan, Tenggarong. Sedangkan 500 gram lainnya ditemukan di rumah Iq di Samarinda.


"Selain mengamankan 2,5 kg ganja, kita juga mengamankan 1 buah timbangan, 2 buah lintingan rokok ganja, satu buah ponsel, 1 kaleng biskuit dan 1 buah tas tempat menyimpan ganja, serta 1 unit mobil Daihatsu Xenia warna abu-abu metalik nopol KT 1850 CH," papar Mukti.


Ditambahkan Mukti, ganja yang beredar di Kukar ini berasal dari Jakarta. Barang haram itu dikirim dari Jakarta menuju Samarinda dan Tenggarong dengan menggunakan jasa pengiriman barang.


"Biasanya pengiriman dari Jakarta ke Samarinda dahulu, baru dari Samarinda ke Tenggarong. Harga jual disini sekitar Rp 500 ribu per bungkus kecilnya. Kalau per kilo sekitar Rp 10 juta," jelas Kapolres Kukar di depan puluhan awak media lokal dan nasional.


Terungkapnya kasus ini bermula saat Unit Reskoba Polres Kukar mendapatkan informasi bahwa di Jalan Pesut akan terjadi transaksi narkoba. Mendapatkan info tersebut, puluhan anggota dikerahkan untuk melakukan pemantauan di lapangan.


"Mereka sudah lama kita pantau, kurang lebih satu minggu. Hingga akhirnya kami mendapat kabar kalau akan ada pengiriman barang ke Tenggarong atau ke rumah AN," katanya.


Atas dasar laporan itu, polisi langsung melakukan penggerebekan di rumah AN di Jalan Pesut. Akan tetapi, ganja yang disebut-sebut akan dikirim ternyata belum ada dan masih dalam perjalanan dari Samarinda. "Saat itu kita menunggu si pengirim datang. Akhirnya sekitar pukul 23.30 WITA pelaku datang dengan menggunakan mobil Xenia itu," ujarnya.


Saat tiba dirumah AN, Iq langsung diciduk polisi. Polisi pun langsung menginterogasi Iq. "Ketika diinterogasi, pelaku mengaku menyimpan ganja di dalam mobil yang disimpan dalam plastik dan dashboard samping kemudi. Di mobil tersebut kita menemukan 1 kg ganja yang sudah dibungkus rapi," jelasnya.


Usai ditangkap, AN dan Iq langsung diamankan guna pengembangan selanjutnya. Informasi yang diperoleh dari keduanya, masih ada ganja yang baru saja dikirim dari Samarinda pada Selasa pagi dan disimpan di kamar kos yang disewa JR.


Menurut informasi polisi, JR merupakan pegawai honorer di Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kukar. "Di kamar kos JR, kami menemukan 1 kg ganja lagi, bahkan ada juga ditemukan alat hisap bong serta sejumlah korek api gas yang berjumlah puluhan buah. Barang bukti itu kita amankan dan disaksikan langsung oleh warga dan pemilik kos," terang Kapolres.


Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap peredaran narkoba di Tenggarong, khususnya di Kukar. Apalagi ganja merupakan barang yang cukup langka di Kukar dan baru kali ini berhasil diungkap oleh Polres Kukar.


"Para pelaku yang ditangkap sudah ditetapkan tersangka. Mereka kami jerat Pasal 114 jo Pasal 112 UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal seumur hidup," ucapnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com