Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Rita Widyasari Buka MTQ ke-36 Tingkat Kukar di Kembang Janggut

Bupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Salehudin dan pejabat lainnya menekan tombol sirine menandai dimulainya MTQ ke-36. Kanan: Pesta kembang api turut menyemarakkan pembukaan MTQ ke-36 di Kembang JanggutBupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Salehudin dan pejabat lainnya menekan tombol sirine menandai dimulainya MTQ ke-36. Kanan: Pesta kembang api turut menyemarakkan pembukaan MTQ ke-36 di Kembang Janggut
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


 Bupati Rita Widyasari menerima piala bergilir Juara Umum MTQ yang diserahkan kembali oleh Camat Loa Janan Mastukah untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36
Bupati Rita Widyasari menerima piala bergilir Juara Umum MTQ yang diserahkan kembali oleh Camat Loa Janan Mastukah untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 25/02/2014 20:10 WITA
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-36 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang berlangsung untuk pertama kalinya di Kecamatan Kembang Janggut, secara resmi dibuka Bupati Rita Widyasari, Senin (24/02) malam.


Pembukaan MTQ ke-36 ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Rita Widyasari didampingi Ketua DPRD Kukar H Salehudin, Ketua LPTQ H Bahrul, Kepala Kemenag Kukar H Sulaiman, Sekkab Edi Damansyah dan Camat Kembang Janggut, Zulkifli.


Selain itu, dilakukan pula penyerahan piala bergilir dari Juara Umum MTQ tahun lalu yakni Kecamatan Loa Janan untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36. Piala tersebut diserahkan Camat Loa Janan Mastukah kepada Bupati Rita Widyasari, yang kemudian diserahkan Rita kepada Camat Kembang Janggut, Zulkifli, selaku tuan rumah.


Pembukaan MTQ ke-36 semakin meriah ketika pesta kembang api diluncurkan dari belakang panggung utama MTQ. Suguhan tari massal bertajuk Al Qur'an Pembawa Kebenaran yang dibawakan 250 penari juga ikut menyemarakkan malam pembukaan MTQ tersebut.


Dikatakan Camat Kembang Janggut, Zukifli, MTQ tingkat Kabupaten yang berlangsung hingga 1 Maret 2014 tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Kembang Janggut.


Menurut Zulkifli, kafilah atau kontingen MTQ ke-35 berasal dari 18 kecamatan se-Kukar dengan jumlah peserta mencapai 1.032 orang. "Adapun capaian yang ingin diraih yakni sukses pelaksanaan, sukses ekonomi kerakyatan dan sukses kejuaraan. Kami berusaha tri sukses tersebut bisa dicapai. Kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik, meski memiliki keterbatasan," imbuhnya.


Sementara dikatakan Bupati Rita Widyasari, kegiatan MTQ yang dilaksanakan setiap tahun selain untuk syiar Islam, juga sebagai barometer atau tolok ukur keberhasilan kegiatan pembinaan tilawatil Qur'an di Kukar.


Lewat pelaksanaan MTQ, Bupati Kukar berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi momentum untuk meningkatkan iman dan taqwa, dan momen untuk berubah ke arah yang lebih baik.


Untuk memotivasi para peserta, Rita pun berjanji akan memberangkatkan Juara I dari masing-masing kategori lomba MTQ ke Tanah Suci untuk melaksanakan Umroh. Sedangkan bagi juara 2 juga akan diberangkatkan umroh oleh Ketua DPRD Kukar H Salehuddin. "Itu dananya tidak pakai APBD," ujarnya disambut tepuk tangan meriah peserta MTQ dan undangan yang hadir.


Acara pembukaan MTQ ke-36 juga ditandai dengan penyerahan dana pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) untuk 18 kecamatan se-Kukar masing-masing sebesar Rp 100 juta. (her)


Pembukaan MTQ ke-36 dimeriahkan pula dengan suguhan tari massal bertajuk Al Qur'an Pembawa Kebenaran yang dibawakan para pelajar dan warga Kembang Janggut
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com